IFRAME SYNC

Tips Memulai Pola Makan yang Lebih Sehat dan Holistik

ilustrasi. (Foto: CNN)

(MARWAHKEPRI.COM) – Jika Anda sedang mencari cara untuk makan lebih sehat, mungkin merasa kewalahan karena banyaknya informasi yang bertentangan di media sosial.

Selain itu, budaya diet juga dapat berdampak pada kesehatan mental dan emosional, bahkan memicu kecemasan dan gangguan makan.

Namun, jika Anda ingin membuat perubahan, ada banyak cara untuk mempertimbangkan seluruh aspek kesehatan Anda.

Menurut Kat Benson, seorang pakar diet di Top Nutrition Coaching, terdapat kesalahpahaman umum bahwa berdiet berarti mengabaikan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Yang sebenarnya, pola makan yang sehat tidak selalu berkaitan dengan kata “diet” dan lebih menekankan pada kesehatan secara holistik. Ini adalah pendekatan yang fleksibel, kaya akan gizi, dan memungkinkan Anda untuk tetap menikmati makanan yang Anda sukai.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda pertimbangkan dalam memulai pola makan yang lebih sehat:

Fokus pada Kesehatan Holistik: Ingatlah bahwa kesehatan Anda mencakup aspek fisik, mental, sosial, dan emosional. Prioritaskan kesehatan secara keseluruhan daripada hanya fokus pada aspek fisik.

Makanan Utuh dan Masak Sendiri: Alihkan perhatian Anda pada makanan utuh daripada makanan olahan. Lebih sering memasak sendiri membantu Anda mengontrol bahan-bahan yang digunakan dalam makanan Anda.

Diet Mediterania: Diet Mediterania telah dinobatkan sebagai salah satu diet terbaik selama enam tahun berturut-turut. Diet ini berfokus pada makanan berbasis tumbuhan, kacang-kacangan, biji-bijian, makanan laut, dan daging unggas, dengan penekanan pada lemak tak jenuh. Anda dapat merancang diet Anda sendiri dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip ini.

Prioritaskan Kesehatan Mental, Sosial, dan Emosional: Pertama-tama, fokuslah pada kesehatan mental, sosial, dan emosional Anda sebagai langkah awal menuju diet yang sehat. Pertimbangkan makanan yang membuat Anda merasa baik secara holistik.

Tanyakan pada Diri Sendiri: Pertimbangkan pertanyaan seperti apa yang Anda butuhkan dari makanan, bagaimana makanan tersebut memengaruhi tekstur dan rasa yang Anda inginkan, dan bagaimana makanan tersebut dapat mendukung kehidupan sehari-hari Anda.

Beragam Makanan: Pilih beragam makanan yang mengandung berbagai macam makronutrien seperti protein, lemak, dan karbohidrat, serta mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

Terhidrasi dengan Baik: Pastikan untuk minum setidaknya 100 ons (sekitar 2,9 liter) air sehari untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

Kurangi Makanan Olahan: Usahakan mengonsumsi makanan olahan seminimal mungkin. Makanan utuh lebih kaya akan nutrisi dan lebih baik untuk kesehatan Anda.

Ingatlah bahwa perubahan pola makan bisa menjadi perjalanan yang individual dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Yang terpenting, adalah mendengarkan tubuh Anda dan membuat pilihan makanan yang memberikan manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.(Mk/Tempo)

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f