Pulau Temawan, Wisata Bahari di Anambas dengan Lanskap Mempesona

Pulau kecil nan menawan di Kepulauan Anambas bernama Pulau Temawan. (Foto: net)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Satu lagi wisata bahari di Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau yang penuh dengan pesona alam. Pulau kecil nan menawan itu bernama Pulau Temawan.

Bagi masyarakat Anambas, Pulau Temawan adalah nama yang tidak asing dan sejak lama telah jadi salah satu destinasi berlibur favorit. Sering juga disebut sebagai Pulau Temuang. Pulau ini terletak di bagian Timur Kota Tarempa, ibukota Kabupaten Anambas. Parasnya cantik, dikelilingi perairan dangkal yang jernih. Tempat ideal bagi penyuka wisata bahari.

Pulau Temawan sendiri sebenarnya ada dua, Temawan Kecil dan Temawan Besar. Khusus Temawan kecil, luasnya tak lebih dari dua hektar. Cukup ramai dikunjungi orang terutama pada saat akhir pekan atau ketika musim liburan tiba.

Kontur pulaunya landai. Di sebelah Timur, lanskapnya dipenuhi bentangan pasir putih yang bersih dan padat. Terdapat beberapa rerimbunan pohon bakau di beberapa sudutnya. Sementara di tengah pulau terdapat tanah datar yang ditumbuhi banyak rumput hijau yang cukup luas. Terlihat satu atau dua pohon hutan yang rindang namun memiliki batang tidak begitu tinggi.

Di sisi Barat, pulau ini juga memiliki hamparan pantai berpasir putih yang di beberapa bagiannya bertabur bebatuan hitam besar. Agak ke arah tengah, banyak terlihat pohon ketapang, cemara laut serta pandan laut.

Dari sini kalau berdiri di sisi ujungnya, terlihat jelas Pulau Temawan Besar yang apabila air surut bisa dijangkau dengan jalan kaki. Jarak ke Pulau Temawan Besar ini sekitar 500 meter saja.