IFRAME SYNC

Direktur PT Putra Batam Indah Dipanggil KPK, Terkait Gratifikasi dan TPPU Andhi Pramono

Mantan Kepala Kantor Bea Cukai Makassar Andhi Pramono memakai rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan beberapa waktu lalu. (Foto: net)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Direktur PT Putra Batam Indah Andy dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TTPU) yang melibatkan mantan Kepala Kantor Bea Cukai Makassar Andhi Pramono.

“Hari ini (14/8/2023) bertempat di gedung Merah Putih KPK, tim penyidik menjadwalkan pemanggilan saksi, Andy (Direktur PT Putra Batam Indah),” ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (14/8/2023).

Andhi Pramono diduga menjadi makelar barang di luar negeri dan memberi karpet merah kepada pengusaha yang bergerak di bidang ekspor-impor. Andhi melakukan aksinya itu sejak 2012 hingga 2022.

“Dalam jabatannya selaku PPNS sekaligus pejabat eselon III di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, diduga memanfaatkan posisi dan jabatannya tersebut untuk bertindak sebagai broker atau perantara dan juga memberikan rekomendasi bagi para pengusaha yang bergerak di bidang ekspor-impor sehingga nantinya dapat dipermudah dalam melakukan aktivitas bisnisnya,” kata Alex.

Andhi diduga menghubungkan antarimportir untuk mencarikan barang logistik yang dikirim dari wilayah Singapura dan Malaysia yang di antaranya dikirim ke Vietnam, Thailand, Filipina, Kamboja. Dari rekomendasi dan tindakan makelar yang dilakukannya, Andhi diduga menerima imbalan sejumlah uang dalam bentuk fee.

Menurut Alex, setiap rekomendasi yang dibuat dan disampaikan Andhi diduga menyalahi aturan kepabeanan termasuk para pengusaha yang mendapatkan izin ekspor-impor yang tidak berkompeten.

Dilansir dari Google, PT Putra Batam Indah bergerak dalam bidang alat berat dan beralamat di Komplek Bumi Indah Blok III, JL Imam Bonjol-Nagoya, Nomor 07, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f