IFRAME SYNC

Ingin Wisata Alam di Tanjungpinang, Kunjungi Kawasan Bukit Manuk

Kawasan wisata Bukit Manuk di Kota Tanjungpinang. (foto: net)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Kota Tanjungpinang memiliki tujuh kawasan strategis pariwisata dan daya tarik wisata Provinsi Kepulauan Riau seperti yang ditetapkan Gubernur Ansar Ahmad.

Sebagai ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang tidak hanya terkenal akan destinasi wisata keindahan laut, sejarah dan kulinernya saja. Namun Tanjungpinang juga memiliki wisata alam yang berada di kawasan perbukitan yang kini berubah menjadi agrowisata.

Kawasan wisata Bukit Manuk namannya.

Destinasi wisata ini berlokasi di Jalan Tanjung Lanjut, Kelurahan Kampung Bugis dan berada cukup jauh dari area permukiman warga. Tak jarang tidak terlalu remai dikunjungi masyarakat.

Kawasan Wisata Bukit Manuk banyak ditumbuhi berbagai jenis buah-buahan.

Di sini terdapat aneka buah dari sejumlah tanaman yang masih terawat dengan asri.

Seperti alpukat, jambu madu, lengkeng, mangga, belimbing, durian, dan aneka tanaman buah lainnya.

Pengunjung tak perlu khawatir jika ingin beristirahat, pasalnya di wisata Bukit Manuk disediakan gazebo dan mushola yang bisa digunakan pengunjung.

Penjaga wisata Bukit Manuk mengatakan ada ratusan tumbuhan yang ditanami, dan masing-masing tumbuhan juga diberi nama.

Ini bertujuan untuk memudahkan pengunjung mengetahui nama-nama tumbuhan yang ditanam. Mulai dari tanaman hias hingga tanaman buah-buahan.

“Biasanya akhir pekan ada juga pengunjung yang datang ke sini, yang penting tidak merusak tumbuhan, pengen makan buah silahkan dipetik saja, tapi tidak boleh dibawa pulang,” ucap Dedi.

Wisata Bukit Manuk saat ini sudah berdiri hampir empat tahun lamanya, agrowisata ini adalah salah satu tempat wisata yang memiliki wawasan lingkungan dengan aspek konservasi alam.

Untuk masuk ke lokasi wisata ini tidak ada pungutan biaya bagi para pengunjung. Pengunjung cukup mematuhi aturan yang diterapkan di tempat wisata.

Saat ini Pemprov Kepri sedang mengembangkan produk ekowisata dengan harapan hasil pengembangan ini menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kepri Raja Heri Mokhrizal mengatakan, Kebun Wisata Bukit Manuk menjadi pilihan alternatif destinasi wisata bagi yang ingin menepi dari laut dan indahnya pulau.

Pihaknya terus berupaya agar pengembangan kawasan wisata terus berjalan optimal, sehingga memberikan kontribusi nyata tidak hanya bagi daerah, namun juga masyarakat.

“Tentu harapan kami, lokasi tersebut tetap dijaga bersama. Termasuk kebersihannya. Bukan hanya pemerintah, tetapi juga masyarakat Provinsi Kepulauan Riau,” tuturnya. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f