IFRAME SYNC

Umat Muslim Memperdalam Arti dan Tata Cara Berkurban Menjelang Hari Raya Idul Adha

Ilustrasi hewan qurban. (f: net)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, umat Muslim di seluruh dunia memperdalam arti dan tata cara berkurban sebagai bagian penting dari ibadah Islam. Berkurban bukan hanya ritual, tetapi juga manifestasi dari pengorbanan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Menurut laporan dari detikcom, berkurban disyariatkan dalam Al-Qur’an, terutama dalam surat Al-Kausar ayat 1-3, yang menyatakan nikmat Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai bagian dari ibadah ini, umat Muslim dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban setelah salat Idul Adha dan membaca doa-doa tertentu.

Doa-doa Penting dalam Ibadah Berkurban:

  1. Doa Sebelum Menyembelih: “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”
  2. Doa Saat Menyembelih untuk Diri Sendiri: “Dengan menyebut nama Allah, Allah Mahabesar, semoga selawat dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya, ya Allah (kurban) ini dari-Mu dan untuk-Mu, terimalah dariku.”
  3. Doa Saat Menyembelih untuk Orang Lain: “Dengan menyebut nama Allah, Allah Mahabesar, semoga selawat dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya, ya Allah (kurban) ini dari-Mu dan untuk-Mu, terimalah dari [nama penerima kurban].”

Tata Cara Sunnah dan Syarat-syarat Berkurban:

  1. Menyembelih Sendiri atau Mewakilkan: Laki-laki disunnahkan untuk menyembelih sendiri, sedangkan perempuan disunnahkan untuk mewakilkan kepada laki-laki. Orang yang tidak mampu disunnahkan untuk mewakilkan penyembelihan kepada orang lain.
  2. Menghadap Kiblat dan Menggunakan Alat Tajam: Menyembelih hewan kurban harus menghadap kiblat dan menggunakan pisau atau alat yang tajam. Menghadap kiblat saat penyembelihan adalah sunnah dalam semua jenis penyembelihan, sebagaimana disampaikan oleh Imam Nawawi.
  3. Membaca Basmalah, Takbir, dan Doa: Sebelum menyembelih, umat Muslim disunnahkan untuk membaca basmalah, takbir sebanyak tiga kali, dan doa-doa yang telah disebutkan.

Dalam konteks ini, ibadah berkurban bukan hanya sekadar tradisi, tetapi juga peluang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan penuh keikhlasan dan pengabdian. Semoga ibadah yang dilaksanakan umat Muslim di seluruh dunia diterima oleh Allah SWT dan membawa berkah bagi semua.

Kehadiran ibadah ini juga mengingatkan kita akan makna pengorbanan dan kepedulian terhadap sesama, serta memperkuat rasa persaudaraan dalam komunitas Muslim global. MK-dtc

Redaktur : Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f