IFRAME SYNC

Klaim tentang Matahari Terbit dari Barat: NASA Memberikan Penjelasan

Ilustrasi. (F: Ist)

Marwahkepri.com – Fenomena dugaan Matahari terbit dari arah barat, dipercayai sebagai salah satu tanda kejadian kiamat menurut kepercayaan umat Muslim, menjadi perbincangan setelah viral di media sosial.

Narasi ini didasarkan pada unggahan yang menyebut National Aeronautics and Space Administration (NASA) telah menemukan bukti-bukti potensial mengenai hal tersebut, menimbulkan kehebohan di kalangan pengguna platform daring.

Unggahan yang beredar di Facebook, terutama dalam bahasa Thailand, menciptakan kesan seolah-olah NASA telah mengkonfirmasi bahwa Matahari akan terbit dari arah barat. Unggahan ini telah dibagikan lebih dari 15.000 kali sejak 14 Januari 2021.

Salah satu kutipan viral yang mencatat klaim tersebut menyatakan, “NASA mengonfirmasi kemungkinan Matahari terbit dari barat. Bumi berputar ke arah yang berlawanan yang menyebabkan matahari terbit dari sisi barat!!.”

Namun, NASA membantah klaim tersebut melalui Bettina Inclan, Associate Administrator for Communications NASA, yang menegaskan bahwa lembaga tersebut tidak pernah mengeluarkan prediksi mengenai Matahari terbit dari arah barat.

Meskipun fenomena pembalikan medan magnet yang terjadi di Venus dapat terjadi, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hal itu akan menyebabkan Matahari terbit dari arah barat.

Inclan juga mengonfirmasi bahwa rotasi mundur yang terjadi pada Venus tidak relevan dengan klaim tersebut. Meskipun demikian, fenomena tersebut memang telah menjadi bahan penelitian ilmuwan sebagai bagian dari pemahaman lebih dalam tentang dinamika planet lain di tata surya.(mk/cnbc)

 

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f