IFRAME SYNC

Australia Teratas dalam Preferensi Pekerjaan Internasional, Bagaimana dengan Indonesia?

(F: Ist)

Marwahkepri.com – Setiap tahunnya, minat untuk bekerja di luar negeri meningkat, dengan Australia menjadi destinasi utama. Menurut riset yang dirilis Jobstreet by SEEK bekerja sama dengan Boston Consulting Group, negara-negara berbahasa Inggris menjadi pilihan utama bagi pencari kerja di seluruh dunia.

Wisnu Dharmawan, Sales Director Jobstreet by SEEK Indonesia, menyatakan, “Hal ini karena mungkin di negara yang berbahasa Inggris kita bisa lebih gampang adaptasinya.”

Negara-negara maju juga diminati karena menjanjikan manfaat ekonomi dan finansial yang lebih baik. Australia menduduki peringkat teratas sebagai destinasi favorit, diikuti oleh Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, dan Jepang. Sementara itu, London tetap menjadi kota tujuan terbanyak untuk bekerja, diikuti oleh Amsterdam, Abu Dhabi, Dubai, dan New York.

Jenis pekerjaan yang paling dicari di luar negeri umumnya adalah di bidang sains dan teknologi, karena negara maju sudah menerapkan kemajuan teknologi. Namun, Indonesia juga semakin menarik bagi para pekerja luar negeri. Dalam laporan tersebut, Indonesia naik peringkat dari 51 pada 2020 menjadi 33 pada 2023.

Whisnu mengungkapkan, “Saat ini semakin banyak orang luar negeri yang mau pindah kerja ke Indonesia karena budayanya yang ramah dan inklusif, lingkungannya yang ramah, dan biaya hidup yang rendah.”

Orang luar negeri yang tertarik bekerja di Indonesia biasanya berasal dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Meskipun tidak ada bidang spesifik yang dicari, umumnya mereka memiliki kemampuan tingkat tinggi di bidang seperti Agrikultir, Energi, Digitalisasi, Manajemen Bisnis, dan IT yang masih belum banyak tersedia sumber daya manusianya di Indonesia.(Mk/bisnis.com)

 

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f