IFRAME SYNC

Ketua Bawaslu Natuna Lantik 51 Anggota Panwaslucam untuk Pilkada Serentak 2024

Ketua Bawaslu Natuna Siswandi melantik anggota Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Natuna, Sabtu 25 Mei 2024.(Foto/Nang)

NATUNA (marwahkepri.com) – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Natuna, Siswandi, melantik sebanyak 51 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Panwaslu Kecamatan (Panwaslucam) se Natuna.

Pelantikan berlangsung di Adiwana Jelita Sejuba Resort, Sabtu, 25 Mei 2024. Kegiatan ini diisi dengan pembekalan terhadap para anggota Panwaslucam dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November 2024 mendatang.

Proses perekrutan dan pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bawaslu Kabupaten Natuna Nomor: 023/HK.01.01/K.KR-04/05/2024 tentang penetapan anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Natuna untuk pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur Kepri, Bupati dan Wakil Bupati Natuna tahun 2024.

Nantinya para anggota Panwaslucam akan bertugas sebagai perpanjangan Bawaslu untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilu di tingkat kecamatan.

Ketua Bawaslu Natuna Siswandi dalam sambutanya menyampaikan, perekrutan Panwaslu telah dilaksanakan satu bulan yang lalu melalui metode existing dan perekrutan anggota baru.

“Dari 51 Panwaslu lama, 50 orang mendaftar ulang, namun 9 orang tidak lolos evaluasi dan 1 orang tidak mendaftar, sehingga total 10 orang harus digantikan. Oleh karena itu, Bawaslu melakukan perekrutan baru untuk mengisi kekosongan tersebut,” terang Siswandi.

Siswandi menekankan pentingnya kerja sama dengan para camat yang telah membantu dalam proses perekrutan Panwaslu, termasuk penyediaan tempat dan fasilitas untuk tes wawancara dan tertulis.

 

Proses pelantikan juga dilakukan secara daring melalui zoom meeting untuk mengakomodasi anggota Panwaslu yang tidak dapat hadir secara langsung karena keterbatasan jadwal kapal.

“Selamat kepada Panwaslu yang telah dilantik. Mereka sekarang memiliki kewajiban, kewenangan, dan tanggung jawab sebagai Panwaslu Kecamatan,” ujar Siswandi.

Pada kesempatan itu, Siswandi berpesan kepada Panwaslucam untuk memperbanyak membaca aturan kerja dan berdiskusi.

“Bawaslu ini bukan seperti mata-mata yang diam melihat lalu langsung menangkap, tetapi utamakan pencegahan sebelum penindakan pelanggaran,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemkab Natuna, Khaidir, turut mengucapkan selamat kepada Panwaslu yang telah dilantik.

“Alhamdulillah sebagian besar Panwaslu masih diisi oleh anggota lama yang lebih berpengalaman di tingkat kecamatan. Mudah-mudahan dalam pemilihan legislatif nanti tidak ada kendala pelanggaran yang tidak bisa diselesaikan oleh Bawaslu,” kata Khaidir.

Ia berharap para anggota Panwaslu dapat bekerja dengan hati yang tulus sehingga memberikan kontribusi positif bagi demokrasi di Natuna.

Pelantikan ini dihadiri Forkopimda, para Komisioner Bawaslu dan KPU, Kepala OPD, camat, LAM dan undangan lainnya. MK-nang

Redaktur : Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f