IFRAME SYNC

Jepang Memperlihatkan Perangkat 6G Pertama di Dunia, Mampu Menggeser Kecepatan 5G 20 Kali Lipat

(F:Ist)

JEPANG (marwahkepri.com) – Konsorsium telekomunikasi Jepang yang terdiri dari Docomo, NTT Corporation, NEC Corporation, dan Fujitsu telah berhasil mengembangkan perangkat purwarupa yang mendukung teknologi jaringan 6G.

Perangkat ini menjadi pencapaian pertama dalam dunia 6G, mampu mentransmisikan data hingga 100 gigabit per detik (Gbps) dalam jarak 300 kaki (sekitar 100 meter), sebuah lonjakan signifikan dari kecepatan maksimal 5G yang hanya mencapai 4,9 Gbps.

Dalam uji coba yang dilakukan pada 11 April lalu, konsorsium tersebut memperlihatkan potensi luar biasa teknologi 6G. Pengujian menggunakan dua tipe spektrum, yaitu 100 GHz untuk pengujian di luar ruangan (outdoor) dan 300 GHz untuk pengujian di dalam ruangan (indoor).

Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa pengujian ini belum sepenuhnya merefleksikan kondisi penggunaan 6G di masa komersial, karena banyak faktor seperti kepadatan area dan hambatan fisik yang dapat mempengaruhi kecepatan jaringan.

Meskipun dalam pengujian diperoleh kecepatan transmisi yang luar biasa, sebesar 100 Gbps, namun diharapkan bahwa kecepatan yang akan dinikmati pengguna saat 6G beredar di pasaran tidak akan mencapai angka tersebut.

Sebagai perbandingan, kecepatan rata-rata 5G, terutama di Amerika Serikat (AS) untuk pengguna T-Mobile, hanya sekitar 200 Mbps, jauh dari kecepatan teoritis 5G yang bisa mencapai 10-20 Gbps.

Dengan demikian, sementara teknologi 6G menjanjikan kecepatan transmisi yang luar biasa, realitas penggunaan sehari-hari kemungkinan akan berbeda, seperti halnya yang terjadi pada teknologi 5G.(Mk/kompas)

 

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f