IFRAME SYNC

PLN Terus Genjot Proyek Ketenagalistrikan di Dalam Negeri, Kapasitas Terpasang Mencapai 72.976,30 MW

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung atau Floating Solar PV Cirata berkapasitas 192 megawatt peak (MWp) seluas 200 hektare. PLTS ini dibangun di atas Waduk Cirata dan akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. (Dok: PT PLN (Persero). (f: net)

JAKARTA (marwahkepri.com) – PT PLN (Persero) terus berkomitmen untuk menggenjot proyek ketenagalistrikan di dalam negeri, dengan salah satu fokusnya pada pembangunan proyek pembangkit listrik. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mencatat bahwa hingga Desember 2023, kapasitas terpasang pembangkit di Indonesia mencapai 72.976,30 megawatt (MW).

Darmawan menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan terus dilakukan oleh PLN untuk memastikan ketersediaan listrik yang handal bagi seluruh masyarakat. Menurutnya, pembangunan infrastruktur ini, mulai dari pembangkit, jaringan transmisi hingga gardu induk, diyakini akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan.

“Pembangunan infrastruktur kelistrikan diperlukan demi memastikan ketersediaan energi listrik yang aman dan andal. Dengan ini, aktivitas perekonomian masyarakat dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala,” ujar Darmawan dalam keterangan tertulis pada Senin (29/1/2024).

Darmawan menambahkan bahwa sepanjang tahun 2023, PLN berhasil menambah kapasitas pembangkit listrik sebesar 4.182,2 MW, melampaui target yang ditetapkan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2023 sebesar 1.487,9 MW. Salah satu pencapaian signifikan adalah operasionalnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata berkapasitas 192 MWp, yang merupakan yang terbesar di Asia Tenggara dan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada November 2023.

“Upaya menghadirkan akses listrik yang berkeadilan dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia terus dilakukan PLN untuk mendukung peningkatan perekonomian dan pemerataan secara nasional,” tegas Darmawan.

Ia juga menegaskan bahwa PLN tidak hanya fokus pada penambahan pembangkit, tetapi juga terus menggencarkan pembangunan jaringan transmisi dan gardu induk untuk memperkuat infrastruktur ketenagalistrikan di seluruh Indonesia. MK-cnbc

Redaktur : Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f