Meta Capai Puncak Sejarah, Kapitalisasi Pasar Tembus 1 Triliun Dollar AS

Meta (Facebook) capai kapitalisasi sasar sejarah 1 triliun dollar AS. (f: net)

AMERIKASERIKAT (marwahkepri.com) – Meta Platform, induk dari Facebook, berhasil mencapai kapitalisasi pasar sebesar 1 triliun Dollar AS atau sekitar Rp 15.731 triliun. Berdasarkan laporan dari CNBC, kenaikan ini menyusul lonjakan harga saham perusahaan dan mencatatkan rekor baru. Sebelumnya, kapitalisasi pasar Meta Platform berada di sekitar 980-an triliun Dollar AS.

Pada perdagangan Rabu (14/1/2024), saham Meta naik 1 persen mencapai level 390 Dollar AS per saham, mencatatkan rekor tertinggi. Ini adalah kali pertama sejak tahun 2021, saat masih dikenal sebagai Facebook, Meta mencapai kapitalisasi pasar 1 triliun Dollar AS. Pada September 2021, kapitalisasi pasar Meta mendekati 1,1 triliun Dollar AS.

Kinerja saham Meta meroket setelah mengalami lonjakan hampir 200 persen pada tahun sebelumnya. CEO Mark Zuckerberg memberlakukan langkah-langkah pemotongan biaya, meskipun hal ini menyebabkan lebih dari 20.000 PHK. Tahun 2023 dijuluki sebagai “tahun efisiensi” oleh Zuckerberg setelah sahamnya mengalami penurunan ke level terendah dalam enam tahun pada 2022.

Saham Meta mencapai puncaknya pada sekitar 396 Dollar AS per saham selama perdagangan Rabu, naik lebih dari 10 persen sepanjang tahun ini. Pemegang saham optimis bahwa Meta dapat memperkuat posisinya sebagai perusahaan yang paling berpengaruh dalam kecerdasan buatan atau AI.

Pada pekan lalu, Zuckerberg mengumumkan bahwa Meta akan memperoleh 350.000 kartu grafis H100 dari Nvidia dan hampir 600.000 komputasi setara dengan H100 pada akhir tahun ini. Hal ini menunjukkan komitmen Meta dalam menghabiskan miliaran Dollar AS untuk mendorong bisnis kecerdasan buatan.

Sementara itu, pada akhir perdagangan Rabu, saham Microsoft juga mencapai rekor sejarah dengan kapitalisasi pasar perusahaan melebihi 3 triliun Dollar AS. Capaian ini terjadi hampir dua minggu setelah Microsoft menyalip Apple sebagai perusahaan publik dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. MK-komp

Redaktur : Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f