Kunjungan Wisatawan Natuna Tahun 2023 Mencapai Rekor Tertinggi

Hardinansyah

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf Natuna Hardinansyah.(foto/ist)

NATUNA (marwahkepri.com) – Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kabupaten Natuna, Hardinansyah, mengumumkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan ke Natuna pada tahun 2023 mencapai rekor tertinggi sebanyak 31.064 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 30.787 adalah wisatawan nusantara (Wisnu), sementara 277 merupakan Wisatawan Mancanegara (Wisman).

Hardinansyah menjelaskan bahwa kunjungan Wisman ke Natuna berasal dari berbagai negara, termasuk Malaysia, Singapura, Jepang, Australia, Prancis, Kanada, Polandia, Hong Kong, Inggris, Afrika Selatan, Selandia Baru, Brunei, dan Filipina.

“Jumlah kunjungan wisatawan tahun 2023 mengalami peningkatan sebesar 11,02% dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai 3.084 orang lebih banyak dari tahun 2022 yang mencatatkan 27.988 orang,” ucap Hardinansyah.

Dalam konteks sejarah, Hardinansyah menyebutkan bahwa sebelum pandemi Covid-19 pada tahun 2019, kunjungan wisata di Natuna mencapai 30.666 orang. Namun, angka tersebut turun akibat dampak wabah Covid-19.

“Kunjungan wisatawan tahun ini menjadi yang tertinggi dengan 31.064 orang, dan ini merupakan prestasi yang membanggakan untuk Natuna,” tambah Hardinansyah dengan rasa syukur.

Hardinansyah menekankan bahwa peningkatan ini dapat dicapai melalui upaya serius Pemerintah Daerah (Pemda) dalam memperbaiki destinasi wisata, terutama Geosite Geopark Nasional Natuna.

Selain itu, promosi baik di tingkat nasional maupun internasional, penyelenggaraan event dan festival berskala nasional maupun internasional juga menjadi faktor pendukung kesuksesan ini.

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ini diharapkan tidak hanya berdampak positif pada sektor pariwisata Natuna tetapi juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Upaya terus-menerus dalam memperbaiki dan mempromosikan destinasi wisata menjadi kunci kesuksesan Natuna dalam menarik minat para pelancong.MK-nang

Redaktur : Munawir Sani 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f