Prakiraan Cuaca Desember, Potensi Hujan dan Peringatan Gelombang Tinggi

Prakiraan cuaca bulan Desember. (Foto: rah)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Prakirawan dari Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, Khalid, memberikan informasi terbaru terkait kondisi cuaca di wilayah Bintan dan Tanjungpinang untuk pekan mendatang.

Menurutnya, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, disertai kilat, terutama pada siang dan sore hari. Bahkan, tidak menutup kemungkinan hujan dapat terjadi juga pada dini hari.

Khalid menambahkan bahwa melihat tren bulan-bulan sebelumnya, bulan Desember ini diperkirakan akan lebih sering mengalami hujan. Hal ini dipengaruhi oleh masuknya musim angin utara, di mana di akhir bulan, hujan bisa bercampur dengan petir.

Pertanyaan mengenai kecepatan angin dijawab oleh Khalid, yang menyatakan bahwa karena akan memasuki angin musim utara, kecepatan angin masih dalam kondisi normal berkisar antara 5 hingga 25 kilometer per jam.

Adapun gelombang laut, berdasarkan data Ocean Forecast System (OFS) pusat, diperkirakan berkisar antara 1 hingga maksimal 2 meter di wilayah Tanjungpinang dan Bintan, tetap dalam kategori aman untuk transportasi laut.

Meski demikian, Khalid memberikan peringatan khusus untuk transportasi laut yang melintasi perairan antara Natuna dan Anambas.

Menurutnya, pada bulan Desember menjelang musim utara, ketinggian gelombang dapat meningkat mencapai 4 meter, terutama di akhir bulan Desember. Oleh karena itu, transportasi laut di wilayah tersebut perlu meningkatkan kewaspadaan. MK-rah

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f