Peringatan Hari Armada RI Ke-78: Lanal Ranai Soroti Peran Strategis dalam Pesta Demokrasi

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai melaksanakan upacara dalam rangka Hari Armada RI ke-78 di Lapangan Apel Mako Lanal Ranai, Selasa (5/12/2023). (Foto: nang)

NATUNA (marwahkepri.com) – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai menggelar upacara megah dalam rangka peringatan Hari Armada RI Ke-78 tahun 2023 di Lapangan Apel Mako Lanal Ranai, Kabupaten Natuna, pada Selasa (05/12/2023).

Upacara dihadiri oleh seluruh prajurit dan ASN Lanal Ranai, dengan Pjs. Palaksa Lanal Ranai Mayor Laut (KH) Rudhy Rusdhiyanto sebagai inspektur upacara dan Kafaslan Lanal Ranai Lettu Laut (KH) Suryo Prabhowo sebagai komandan upacara.

Dalam amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M. Tr. Opsla, inspektur upacara membacakan pesan yang menekankan pada keberanian dan dedikasi prajurit Jalasena sebagai pondasi kokoh dalam menjaga kedaulatan laut nusantara. Pesan tersebut juga menggarisbawahi pentingnya adaptabilitas dan responsivitas Prajurit Jalasena Armada di tengah kompleksitas tantangan strategis saat ini.

Dengan tema “Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju”, peringatan Hari Armada RI tahun ini menjadi wahana introspeksi dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas serta pencapaian yang telah diraih. Amanat tersebut mencerminkan komitmen TNI Angkatan Laut dalam menjalankan peran diplomatik guna mewujudkan perdamaian dunia.

Pentingnya peran Armada RI dalam mendukung kelancaran pesta demokrasi di tanah air juga ditekankan, dengan TNI Angkatan Laut bukan hanya sebagai penjaga laut, melainkan juga memastikan pemilu berjalan jujur dan adil hingga ke pulau-pulau terpencil.

Upacara ditutup dengan pembagian hadiah kepada peraih Juara 1, Juara 2, dan Juara 3 lomba ketangkasan prajurit, termasuk lomba PBB, kebaharian, dan dayung perahu karet.

Pjs. Palaksa memberikan penghargaan berupa dana pembinaan kepada para pemenang lomba, menandai perayaan Hari Armada RI ke-78 dengan semangat “Laut Sakti Rantau Bertuah”. MK-nang

Redaktur: Munawir Sani