Tingkatkan Keamanan dan Keselamatan Penerbangan, Lanud RSA Gelar Pembersihan Landasan

Pembersihan landasan Lanud RSA

Lanud Raden Sadjad Ranai lakukan pembersihan landasan untuk meningkatkan keselamatan penerbangan, Minggu (03/12/2023).FOTO/NANG

NATUNA (marwahkepri.com) – Lanud Raden Sadjad (RSA) di Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, menjalankan langkah konkret untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan penerbangan, Minggu (03/12/2023).

Danlanud RSA Kolonel (Pnb) Dedy Iskandar memerintahkan pembersihan rutin sepanjang landasan pacu dan tempat parkir pesawat, dengan tujuan menghindarkan masyarakat Natuna pengguna jasa penerbangan dari kerusakan oleh benda asing atau Foreign Object Debris (FOD).

Pembersihan FOD, dengan beberapa peralatan seperti sapu lidi, blower, mesin potong rumput, dan traktor, menjadi aspek kritis dalam menjaga keamanan penerbangan.Benda asing seperti batu, pecahan kaca, kayu, plastik, hingga hewan dapat membahayakan keselamatan penerbangan.

Tindakan ini sesuai dengan arahan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, yang menekankan perlunya mengembangkan safety culture dan mewujudkan zero accident.

Dalam sambutannya, Kolonel (Pnb) Dedy Iskandar menegaskan bahwa pembersihan FOD tidak boleh dianggap sepele. Langkah ini memiliki dampak besar terutama bagi keselamatan penerbangan militer dan sipil, serta masyarakat Natuna dan para wisatawan yang menggunakan jasa penerbangan.

Disamping itu, pembersihan FOD menjadi langkah preventif untuk mencegah kerusakan pada pesawat/alutsista dan mengurangi risiko kecelakaan.

Selain pembersihan FOD, Lanud RSA juga fokus pada upaya lain untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan penerbangan. Ini termasuk membersihkan saluran air di sekitar runway untuk mengantisipasi curah hujan tinggi, serta pemeliharaan lampu di pinggir landasan dan pengelolaan halangan di sekitar bandara.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Ranai-Natuna. Hal ini menjadi bukti komitmen Lanud RSA untuk memberikan layanan penerbangan aman dan nyaman bagi masyarakat Natuna yang menggunakan jasa penerbangan.

Langkah-langkah yang diambil Lanud RSA mencerminkan dedikasi mereka terhadap keamanan dan keselamatan penerbangan. Dengan pembersihan rutin dan upaya lainnya, diharapkan Natuna dapat terus menjadi destinasi penerbangan yang aman bagi masyarakat dan wisatawan.MK-nang

Redaktur : Munawir Sani