IFRAME SYNC

Panglima TNI Pimpin Upacara Penutupan Latgabma ASEK-01 Natuna di Sabang Mawang Besok

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono. (f: ist)

NATUNA (marwahkepri.com) – Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, akan memimpin upacara penutupan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Asean Solidarity Exercise 01-Natuna (ASEK 01-N) 2023 di Sabang Mawang, Natuna, pada Sabtu, 23 September 2023. Upacara penutupan ini akan dihadiri oleh seluruh Panglima Angkatan Bersenjata dari negara-negara anggota ASEAN. Latihan ini berlangsung dari tanggal 18 hingga 25 September 2023.

Natuna menjadi pusat kegiatan ini, dengan lokasi latihan di Selat Lampa dan pulau Sabang Mawang, yang merupakan wilayah perairan Natuna Selatan yang termasuk dalam Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono juga memimpin upacara pembukaan Latgabma ASEK-01 Natuna 2023 di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, pada tanggal 19 September 2023.

Latihan ini tidak fokus pada aspek militer dan senjata, tetapi lebih menekankan pada latihan non-tempur seperti Operasi Patroli Gabungan Maritim, Evakuasi Medis, Search and Rescue (SAR), serta Bantuan Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana (HADR) di wilayah yang disimulasikan mengalami bencana.

Panglima TNI menggarisbawahi bahwa Latgabma ASEK-01 Natuna bukanlah latihan militer bersenjata, melainkan latihan yang menitikberatkan pada upaya kolaboratif untuk mengatasi situasi darurat dan bencana serta meningkatkan kerjasama regional di antara negara-negara ASEAN. MK-nang

Redaktur : Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f