IFRAME SYNC

DPUTR Lingga Berencana Lanjut Pengembangan Air Bersih di Desa Rejai Tahun Depan

LINGGA (marwahkepri.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Lingga, berencana akan melanjutkan pengembangan air bersih di Desa Rejai, Kecamatan Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga, di tahun 2024 mendatang.

Sebelumnya, proyek Air bersih di Desa tersebut telah mulai pelaksanaan pada tahun 2021 silam untuk tahap satu, dengan lokasi sumber air berbeda pulau. Adapun besaran pagu anggaran kurang lebih tiga miliar.

Kepala Dinas PUTR Lingga, Novrizal melalui Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, Deden Trisna Wijaya mengatakan, bahwa pihaknya telah merancang Detail Engineering Design (DED) untuk penyambungan pipa bawah laut dan jaringan distribusi, yang dimana menuju ke pulau dan menyuplai air ke masing – masing rumah warga Desa Rejai.

“Sudah kami masukkan usulan prioritas ke Provinsi, karena ada peluang. Maka dari itu kami sudah menyusun DED, jika tidak kemungkinan akan kita usulkan kembali untuk di DAK, ini juga merupakan PR utama kita,” katanya saat dikonfirmasi media, Senin (05/09/2023).

Ia mengungkapkan, meski cukup terbatas, pihaknya berupaya agar alokasi dana itu benar-benar bisa dimaksimalkan pemanfaatannya dalam pembangunan, agar bisa dirasakan hasilnya secara nyata oleh masyarakat.

“Jika memang tidak memungkinkan, maka kita ambil alternatif menganggarkan melalui APBD Kabupaten Lingga, namun akan kita lakukan secara bertahap,” ucapnya.

Ia berharap, kepada masyarakat untuk tetap bersabar dan sama – sama menunggu keputusan melalui Provinsi maupun Dana Alokasi Khusus (DAK), dan pemerintah daerah juga tidak akan tinggal diam untuk memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan dan kepentingan masyarakat.

“Semoga apa yang kita usulkan terealisasi, kita sama-sama berharap agar air bersih di Desa Rejai tuntas di Tahun 2024 nanti. Dan dalam pelaksanaan juga kita perlu mengkhawatirkan terkait Analisis kendala laut,” tuturnya. (mk/willy)

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f