IFRAME SYNC

Yayasan Anambas dan KTH Karya Bersama Sinergi dalam Aksi Konservasi Alam

Foto bersama saat penanaman 1950 bibit pohon di Desa Tarempa Selatan, Kamis (10/8/2023). (Foto: darwin)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional, Yayasan Anambas dengan penuh semangat berkolaborasi bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) Karya Bersama dalam sebuah acara berdampak besar.

Penanaman 1950 bibit pohon di wilayah Desa Tarempa Selatan, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, menjadi puncak kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis (10/8/2023) lalu.

Menjabat sebagai Community Development Officer di Yayasan Anambas, Alvino Dwie Putra, mengungkapkan bahwa rangkaian acara ini memiliki tujuan mulia untuk mendukung dan mewujudkan kelestarian ekosistem alam, khususnya di Anambas.

“Hari ini, kami memulai aksi nyata dengan penanaman pohon program konservasi hutan sebanyak 1950 bibit. Meski dilakukan secara simbolis, tindakan ini melambangkan komitmen kami dalam menjaga lingkungan,” ujarnya dengan antusias.

Dalam sambutannya, Alvino juga menekankan nilai kerjasama yang esensial dalam menjaga kelestarian alam.

“Kami berharap, aksi ini akan merangkul semua pihak, bukan hanya satu atau dua entitas. Kelestarian ekosistem Anambas adalah tanggung jawab kita bersama, untuk mewujudkan lingkungan alam yang lestari,” tambahnya.

Dukungan juga datang dari Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Unit VI Anambas, Jaeri Yanto.

Ia menekankan pentingnya kelanjutan program kolaborasi antara Yayasan Bawah Indonesia dan Kelompok Tani Hutan (KTH) Karya Bersama.

“Salah satu bentuk kerjasama yang kami harapkan adalah penyediaan benih bibit yang nantinya akan dikelola oleh Kelompok Tani Hutan. Kami berharap penanaman akan dilakukan secara serentak setelah bibit mencapai batas waktu yang tepat,” terang Jaeri.

Kegiatan ini menjadi titik awal dari berbagai acara berkelanjutan yang direncanakan oleh Yayasan Anambas bersama KTH Karya Bersama.

Rencananya, bibit-bibit tersebut akan ditanam di berbagai lokasi yang telah ditentukan.

Sartiman, Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Karya Bersama, turut menjelaskan jenis bibit pohon yang ditanam dalam acara tersebut.

“Kami akan menanam jenis pohon hutan seperti Nyatu (Jati Anambas) dan Tembang Semangkok, serta pohon buah seperti Durian Musang King Duri Hitam, Jambu Lonceng, dan Gaharu,” ungkapnya.

Meliputi lahan seluas kurang lebih 2 hektar, aksi berharga ini menciptakan jejak positif dalam pelestarian alam. Kolaborasi yang kuat antara Yayasan Anambas dan Kelompok Tani Hutan (KTH) Karya Bersama menjadi cerminan nyata dari kepedulian terhadap lingkungan, menginspirasi masyarakat untuk menjaga dan merawat ekosistem alam yang kita cintai. MK-darwin

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f