IFRAME SYNC

Pembangunan NeutraDC Nxera Batam Ditargetkan Selesai Akhir 2025

Pembangunan Hyperscale Data Center NeutraDC di Kabil Integrated Industrial Estate (KIIE) Batam, Kamis (13/6/2024). (Foto: mun)

BATAM (marwahkepri.com) – PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), anak perusahaan Telkom, menargetkan penyelesaian pembangunan pusat data atau data center di Batam pada kuartal ketiga tahun 2025.

Melalui NeutraDC Nxera Batam, langkah awal pembangunan ini telah dimulai dengan pemancangan tiang, mempersiapkan infrastruktur canggih berbasis artificial intelligence (AI).

“NeutraDC Nxera Batam akan menjadi penggerak dalam mengakselerasi inovasi teknologi di Indonesia, terutama dalam bidang AI,” kata Honesti Basyir, Direktur Group Business Development Telkom di Batam, Kamis (13/6/2024).

Hyperscale Data Center NeutraDC ini berlokasi di Kabil Integrated Industrial Estate (KIIE) Batam, dengan kapasitas ultimate 51 MW IT load. Proyek ini memerlukan total investasi sebesar Rp 1,4 triliun.

CEO NeutraDC, Andreuw Thonilus Albert, menjelaskan bahwa pembangunan data center di Batam telah dimulai sejak November 2022 dan ditargetkan beroperasi pada semester tiga 2025.

“Kita mengombinasikan fokus, dengan sekitar 70 persen infrastruktur diarahkan pada AI karena kebutuhan enterprise masih tetap ada,” ungkap Andreuw.

NeutraDC Nxera Batam siap memenuhi permintaan pasar pusat data di era AI. Infrastruktur yang dirancang untuk mendukung beban kerja AI dengan efisiensi tinggi menjadikan NeutraDC solusi unggul dalam transformasi digital industri di Indonesia dan regional.

“Setahun lalu AI belum sepenuhnya solid. Ketika kesempatan AI muncul, kita melakukan penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan AI,” tambah Andreuw.

Untuk pasokan energi listrik, Telkom telah bekerjasama dengan PLN Batam untuk menyediakan 90.000.000 Volt Ampere (VA) bagi Hyperscale Data Center Batam. Kolaborasi dalam pembangunan data center ini juga melibatkan perusahaan telekomunikasi Singapura, ST Dynamo ID Pte Ltd (afiliasi Singtel), dan perusahaan energi PT Medco Power Indonesia.

Dengan hadirnya NeutraDC Nxera Batam, NeutraDC menambah lokasi hyperscale data center yang sebelumnya sudah ada di Cikarang dan Singapura, dengan klasifikasi Tier III dan IV. Ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat posisi Indonesia dalam peta inovasi teknologi global. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f