IFRAME SYNC

Puncak Peringatan Hari LHS, DLH Natuna Tanam Pohon di Gunung Ranai

Kepala DLH Natuna Ferizaldy (baju merah) saat dikonfirmasi di Pantai Piwang, Kamis 06 Juni 2024.(Foto/Nang)

NATUNA (marwahkepri.com) – Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Natuna ditandai dengan acara penanaman pohon di Gunung Ranai pada 28 Juni mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Natuna, Ferizaldy, menyampaikan bahwa serangkaian kegiatan telah dilaksanakan sejak 31 Mei 2024.

“Pada puncak acara nanti, kami akan berkolaborasi dengan BPBD, LAPAN, dan Komunitas Pengusaha untuk menanam bibit pohon kembang semangkok sebanyak 5 kg,” ujarnya.

Ferizaldy menambahkan bahwa selama ini pemerintah lebih fokus pada penanaman pohon mangga dan tanaman keras lainnya yang memerlukan waktu lama untuk berbuah.

Oleh karena itu, kali ini mereka memilih pohon kembang semangkok yang lebih cepat tumbuh dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

“Pohon kembang semangkok sangat subur dan mudah tumbuh, serta buahnya memiliki nilai jual yang tinggi. Kami berharap bibit yang kami tanam dapat tumbuh dengan baik dan berbuah dalam waktu 4-5 tahun,” kata Ferizaldy.

Pohon ini dikenal sebagai tanaman yang tahan terhadap berbagai kondisi cuaca dan biasanya tumbuh di pegunungan atau perbukitan.

Jika penanaman ini berhasil, diharapkan masyarakat akan memperoleh sumber penghasilan tambahan dari buah kembang semangkok tanpa harus menebang pohonnya.

“buah kembang semangkok kering dapat dijual hingga Rp 200.000 per kilogram,” ujarnya di Pantai Piwang, Kamis (06/06/2024).

Ia berharap masyarakat agar tidak menebang pohon saat mengambil buahnya untuk memastikan keberlanjutannya.

 “Sering kali masyarakat kita menebang pohon saat ingin mengambil buahnya, yang merusak keberlanjutan pohon tersebut,” ujarnya.MK-nang

Redaktur : Munawir Sani 

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f