IFRAME SYNC

Pemberdayaan Masyarakat di Kecamatan Batu Aji Fokus Pada Kebersihan dan Kesehatan

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menghadiri acara kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tahun 2024 se-Kecamatan Batu Aji yang digelar di Pakuba Buana Central Park, Batu Aji, Jumat (7/6/2024). (Foto: Diskominfo)

BATAM (marwahkepri.com) – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menghadiri acara kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tahun 2024 se-Kecamatan Batu Aji yang digelar di Pakuba Buana Central Park, Batu Aji, Jumat (7/6/2024).

Acara ini tidak hanya menjadi wadah silaturahmi, tetapi juga bertujuan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) melalui sosialisasi dan edukasi terkait lingkungan, kesehatan, dan stunting.

Program pemberdayaan ini merupakan hasil usulan dari ibu-ibu yang disampaikan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan disambut baik oleh Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina.

Dalam sambutannya, Jefridin menekankan pentingnya kesehatan, khususnya dalam lingkungan rumah dan keluarga. Ia menyampaikan bahwa kesehatan adalah fondasi utama yang harus diperhatikan oleh setiap individu.

“Sehat itu penting. Oleh karena itu, usai dari pemberdayaan ini nanti diharapkan para ibu dapat melaksanakan dan mengimplementasikan ini di keluarga masing-masing. Ikuti kegiatan dengan baik, termasuk bagaimana kita mengatur lingkungan dan kebersihan khususnya,” ujar Jefridin.

Ia juga menyoroti permasalahan sampah bangunan yang kerap dibuang sembarangan di pinggir jalan. Menurutnya, kebersihan dan keindahan kota merupakan tanggung jawab bersama. Ia mengajak masyarakat untuk berkolaborasi dengan pemerintah mewujudkan Batam sebagai kota yang bersih dan sehat.

“Jalan sudah dibangun sedemikian rupa indah dan luasnya, tetapi masih ada yang membuang sampah di kiri dan kanan jalan. Untuk itu, ini tugas kita karena kebersihan ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab masyarakat Batam,” tegasnya.

Menurut Jefridin, setiap individu di Batam memproduksi sekitar 7-9 kilogram sampah per hari. Dengan jumlah penduduk sekitar 1,3 juta jiwa, volume sampah yang dihasilkan sangat besar.

“Kalau kita tidak atur dengan baik, ini akan berpengaruh pada kesehatan kita. Kegiatan ini dapat diimplementasikan di Kelurahan dan keluarga masing-masing,” jelasnya.

Acara pemberdayaan masyarakat ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi seluruh peserta dan mendorong masyarakat untuk bersatu dan kompak dalam melanjutkan pembangunan serta menjaga kebersihan lingkungan. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f