IFRAME SYNC

Uji Coba Kereta Tanpa Rel di IKN Dimulai Agustus 2024

uji coba kereta tanpa rel di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dimulai pada bulan Agustus 2024. (F: Kompas)

JAKARTA (Marwahkepri.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bahwa uji coba kereta tanpa rel di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dimulai pada bulan Agustus 2024. Proyek kereta tanpa rel, yang dikenal sebagai Autonomous Rail Transit (ART), akan sejalan dengan penyelesaian pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat di Kalimantan Timur, yang juga termasuk jalur untuk kereta tanpa rel.

“Terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah menyelesaikan pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN, salah satunya untuk jalur ART,” ujar Budi dalam keterangan resmi pada Senin (3/6).

Menhub Budi menjelaskan bahwa Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat memiliki enam jalur lalu lintas, di mana satu jalur khusus diperuntukkan bagi bus dan kereta tanpa rel. Ia berharap bahwa IKN akan menjadi pelopor kota berbasis transportasi cerdas di Indonesia, dengan kehadiran kereta tanpa rel sebagai salah satu inovasinya.

“ART dioperasikan menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. Alhasil, kendaraan ini ampuh untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi,” jelasnya.

Menurut Menhub Budi, kehadiran ART sesuai dengan prinsip IKN yang bertujuan menjadi kawasan berkonsep kota cerdas yang ramah lingkungan. Kereta tanpa rel ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, keamanan dalam mobilitas, dan keselamatan lingkungan.

 

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f