IFRAME SYNC

Ketua Komisi II DPRD Natuna, Marzuki, Dukung Penyelenggaraan Program Tapera oleh Pemerintah Pusat

Ketua Komisi II DPRD Natuna, Marzuki diwawancarai media ini, Senin, (3/6/2024). (f: nang)

NATUNA (marwahkepri.com) – Ketua Komisi II DPRD Natuna, Marzuki, memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang diinisiasi oleh pemerintah pusat. Menurutnya, program Tapera sangat membantu para pekerja untuk memiliki rumah melalui tabungan mereka sendiri.

“Menurut saya, program ini sangat membantu para pekerja,” kata Marzuki saat diwawancarai pada Senin, 3 Juni 2024.

Marzuki menegaskan bahwa program Tapera tidak perlu dikaji ulang karena telah melalui proses kajian oleh pemerintah. Tantangannya sekarang adalah memastikan pelaksanaannya berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita dari DPRD juga berharap seyogyanya Tapera ini disosialisasikan agar hal itu bisa dipahami masyarakat atau pihak yang akan menjadi objek sasaran dari program tersebut,” tuturnya.

Regulasi Tapera

Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2024 tentang perubahan atas PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) pada 20 Mei 2024 lalu. Peraturan ini menetapkan besaran simpanan atau iuran Tapera untuk ASN dan karyawan swasta sebesar 3 persen dari gaji atau upah, yang berlaku juga untuk pekerja mandiri.

Detail Besaran Iuran

  • Pekerja dengan status karyawan: Iuran ditanggung bersama oleh pemberi kerja sebesar 0,5 persen dan pekerja sebesar 2,5 persen.
  • Pekerja mandiri: Iuran ditanggung sendiri sebesar 3 persen.

Manfaat Tapera

Pengelolaan Tapera bertujuan untuk menghimpun dana masyarakat secara bersama dan saling tolong-menolong antar peserta, menyediakan dana murah jangka panjang yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan rumah yang layak dan terjangkau bagi peserta. Beberapa manfaat dari pembiayaan rumah Tapera meliputi:

  • Program Pembiayaan Rumah Pertama di Atas Tanah Pribadi (KBR Tapera)
  • Program Pembiayaan Kepemilikan Rumah Pertama (KPR Tapera)
  • Program Pembiayaan Perbaikan Rumah Pertama (KRR Tapera)
  • Program Pembiayaan Kepemilikan Rumah Bagi Masyarakat Non-ASN (FLPP)

Marzuki berharap dengan adanya sosialisasi yang baik, masyarakat dapat memahami dan memanfaatkan program Tapera ini untuk meningkatkan kualitas hidup mereka, terutama dalam hal kepemilikan rumah yang layak dan terjangkau. MK-nang

Redaktur : Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f