IFRAME SYNC

Pemkab Natuna Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

Bupati Natuna Wan Siswandi pimpin ucapara Hari Lahir Pancasila.(Foto/saida)

NATUNA (marwahkepri.com) – Dalam rangka memperkuat persatuan dan kesatuan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna menyelenggarakan upacara bendera untuk memperingati Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, pada Sabtu pagi (1/6/2024).

Upacara ini dihadiri oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam upacara yang berlangsung hikmat ini, Bupati Natuna bersama seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat Kurung Khas Melayu, menambah kesan budaya yang kental pada peringatan tersebut.

Dalam pidatonya, Bupati Wan Siswandi menyampaikan amanat dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), yang mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. “Melalui momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar Wan Siswandi.

Tema peringatan tahun ini, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,” mencerminkan bahwa Pancasila mampu menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam rangka menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat. Logo peringatan berupa Sandaya Taru, yang berarti Pohon Persatuan, melambangkan persatuan, gotong royong, dan kesetaraan, sesuai dengan nilai Pancasila ketiga, “Persatuan Indonesia.”

Bupati Wan Siswandi berharap peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat seluruh masyarakat Natuna untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. “Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkasnya.

Upacara ini diakhiri dengan pembacaan Pancasila oleh Inspektur Upacara yang diikuti oleh seluruh peserta upacara, mengingatkan kembali pentingnya Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Natuna.

Dengan diselenggarakannya upacara ini, diharapkan dapat menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air, serta mengingatkan kembali pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia. MK-saida

Redaktur : Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f