IFRAME SYNC

Kemenpan RB Siapkan 100 Ribu Formasi Khusus untuk Fresh Graduate di Ibu Kota Nusantara

Ilustrasi lulusan baru. (Foto: UMS)

DENPASAR (marwahkepri.com) – Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menyiapkan 100.000 formasi khusus bagi lulusan baru (fresh graduate) untuk ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kami telah menyiapkan formasi khusus atas arahan Presiden untuk fresh graduate di IKN, dengan sekitar 100.000 formasi yang dirancang untuk talenta multitasking yang akan bertugas di IKN. Kontrak mereka akan langsung ke IKN, baik itu dimulai tahun ini atau tahun depan,” ungkap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas di Denpasar, Bali, Selasa (21/5/2024).

Azwar menjelaskan bahwa pemerintah telah merencanakan beberapa skenario penempatan ASN (Aparatur Sipil Negara) di IKN, yang tidak hanya berdasarkan kementerian tetapi juga berdasarkan eselon 1, eselon 2, dan eselon 3.

“Kami telah membuat beberapa skenario untuk ASN ke IKN, yang akan disesuaikan dengan kesiapan hunian bagi ASN,” lanjutnya.

Adapun skenario yang disiapkan mencakup beberapa opsi, yaitu 14.000 ASN, 11.000 ASN, 6.000 ASN, dan terakhir 3.216 ASN, yang akan disesuaikan dengan ketersediaan hunian di IKN.

Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, pemindahan ASN ke IKN kemungkinan akan dilakukan setelah upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024.

“Arahan Presiden adalah kemungkinan pemindahan ASN setelah upacara HUT Kemerdekaan RI. Jadi, 17 Agustus nanti dipersiapkan untuk upacara. Kami masih menunggu skenario apakah pemindahan akan dilakukan secara keseluruhan atau secara hybrid, tetapi yang pasti pemindahan tidak akan dilakukan sebelum Agustus,” jelas Azwar.

Rencana ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk mempercepat pemindahan aparatur negara ke IKN dan memastikan kesiapan infrastruktur serta hunian bagi ASN yang akan bertugas di ibu kota baru tersebut. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f