IFRAME SYNC

10 Rempah Langka dari Indonesia yang Menjadi Primadona di Pasar Internasional

Saffron, berasal dari bunga saffron crocus, yang merupakan bumbu termahal sebagai bahan masakan. (F: Merdeka)

Marwahkepri.com – Indonesia terkenal dengan hasil perkebunan rempah-rempahnya yang melimpah. Ada berbagai macam jenis rempah-rempah yang menarik perhatian dunia yang banyak diekspor ke berbagai negara, seperti lada, cengkeh, pala, hingga kayu manis.

Terlepas dari hal itu, ternyata ada beberapa rempah lainnya yang dibanderol dengan harga selangit. Bahkan rempah ini mencapai Rp 37,2 juta menurut Wealthy Gorilla.

  1. Saffron

Saffron berasal dari bunga saffron crocus, yang merupakan bumbu termahal sebagai bahan masakan. Jika Anda ingin membeli satu ons saja, Anda akan membayar sejumlah uang terbilang mahal. Untuk mendapatkan kualitas saffron terbaik, Anda harus membayar Rp 32 juta per 450 gram.

  1. Mahlab

Rempah ini dibuat dari biji ceri St. Lucie, yang biasanya digiling sebelum digunakan. Bumbu termahal kedua ini memiliki rasa perpaduan antara cherry dan almond pahit, mirip dengan marzipan. Biji ini dijual seharga Rp 11,4 juta per 450 gram.

  1. Vanili

Tanaman vanili dibanderol dengan harga mahal yakni Rp 9 juta per 450 gram. Biasanya rempah ini dipakai untuk bahan pembuatan kue. Alasan bumbu ini memiliki label harga yang begitu tinggi adalah karena sebagian besar polongnya berasal dari Madagaskar.

  1. Adas Organik

Serbuk sari adas organik memiliki hasil yang sangat rendah, hanya sekitar satu gram per tanaman dan perlu dikumpulkan dengan tangan secara manual. Harganya Rp 6,6 juta per 450 gram.

  1. Long Pepper

Long pepper atau cabai jawa menjadi rempah yang banyak dimanfaatkan untuk diambil pedasnya. Harga cabai ini Rp 6,6 juta per 450 gram.

  1. Kapulaga

Rempah-rempah ini banyak digunakan untuk bahan masakan masyarakat Indonesia. Rempah ini dianggap istimewa dan dibanderol Rp 4,2 juta per 450 gram.

  1. Alligator Pepper

Rempah mirip merica dan citrus ini biasanya digunakan untuk membumbui daging, ikan, dan sayuran. Alligator pepper sangat pedas dan panas, dan dapat digunakan sebagai penyedap makanan. Harganya Rp 3,9 juta per 450 gram.

  1. Jintan Hitam

Rempah ini memiliki rasa lebih smokey dibandingkan jintan putih. Harganya dibanderol Rp 3,9 juta per 450 gram.

  1. Daun Jeruk

Di beberapa negara khususnya Asia daun jeruk kering sangatlah dibutuhkan. Biasanya, daun ini digunakan untuk sebagai bahan penyedap tumisan dan makanan rebus. Harganya dibanderol Rp 3,7 juta per 450 gram.

  1. Cengkeh

Memiliki aroma yang unik cengkeh banyak digunakan sebagai penyedap masakan dan minuman. Harganya dibanderol Rp 2,1 juta per 450 gram.

 

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f