IFRAME SYNC

Kota Tanjungpinang Siapkan 1.000 Ekor Sapi untuk Kurban Idul Adha

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat. (f: hum)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, menyatakan bahwa ketersediaan sapi untuk dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha sudah mencukupi. Menurutnya, berdasarkan data dari Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang, stok sapi kurban saat ini sekitar 1.000 ekor.

“Sapi-sapi tersebut telah didatangkan dari berbagai daerah di luar Provinsi Kepulauan Riau, seperti Lampung, Jambi, dan wilayah lainnya,”kata Zulhidayat.

Meskipun Tanjungpinang saat ini memiliki status zona merah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Zulhidayat menjelaskan status tersebut justru memungkinkan untuk mendatangkan sapi dari luar daerah, terutama dari daerah yang juga berstatus zona merah.

“Jika Tanjungpinang berada dalam zona hijau PMK, sapi-sapi tersebut tidak akan diizinkan masuk. Namun, dengan status zona merah, sapi-sapi tersebut dapat masuk ke kota asalkan dilengkapi dengan sertifikat kesehatan hewan,”terangnya.

Zulhidayat juga menjamin bahwa harga-harga sapi kurban relatif normal, tidak mengalami lonjakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Dia juga menjelaskan dengan banyaknya sapi yang tersedia saat ini, harga sapi kurban bisa tetap stabil.

Dengan demikian, masyarakat Tanjungpinang dan sekitarnya dapat mempersiapkan kurban Idul Adha dengan cukup, tanpa perlu khawatir tentang ketersediaan dan harga sapi kurban. MK-haka

Redaktur : Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f