IFRAME SYNC

Genap Berusia 69 Tahun, Lanud RSA Menjadi Pertahanan Udara Strategis di Perbatasan Indonesia

Danlanud RSA Kolonel (Pnb) Dedy Iskandar, memotong kue ulang tahun Lanud RSA ke-69 didampingi Ketua PIA AG Cab.17/D.I Lanud RSA, di graha Serasan, Senin 20 Mei 2023.(Foto/istimewa)

NATUNA (marwahkepri.com) – Lanud Raden Sadjad (RSA) Natuna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 bertempat di Graha Serasan, Senin (20/5/2024).

Dipimpin langsung Danlanud RSA, Kolonel (Pnb) Dedy Iskandar, acara dilaksanakan sederhana dengan pemotongan tumpeng dan kue tart oleh Danlanud dan Ketua PIA AG Cab.17/D.I Lanud RSA. Kemudian diserahkan kepada perwakilan perwira dan PNS Lanud RSA.

Dalam sambutannya, Danlanud menyampaikan bahwa perayaan ini menandai sejarah panjang yang dimulai pada 20 Mei 1955, ketika Lanud pertama kali dibangun dengan semangat gotong royong antara TNI AU dan masyarakat Ranai.

Awalnya bernama Lanud Ranai, pangkalan ini kini menjadi pusat pertahanan udara strategis di wilayah perbatasan utara Indonesia.

Danlanud juga mengenang jasa Letnan Udara Satu Raden Sadjad yang memimpin pembangunan awal landasan pacu.

Sesuai dengan Surat Keputusan KASAU Nomor Kep/678/X/2016 tanggal 21 Oktober 2016, nama Lanud Ranai diabadikan menjadi Lanud Raden Sadjad untuk mengenang jasa Raden Sadjad.

Semangat gotong royong masyarakat yang menebang hutan dan mengeringkan rawa menjadi simbol sinergi luar biasa antara TNI dan rakyat, menciptakan fondasi kuat bagi Lanud RSA hingga saat ini.

Lanud RSA telah mengalami banyak perkembangan, berubah dari Lanud tipe C menjadi tipe B pada tahun 2015, dan setahun kemudian namanya diubah menjadi Lanud Raden Sadjad.

Kini Lanud di perbuatan ini memiliki Motto “We Are The Frontliner” menggambarkan peran penting Lanud sebagai garda terdepan dalam menjaga kedaulatan dan keamanan wilayah udara Indonesia.

Tidak hanya dalam aspek militer, Lanud Raden Sadjad juga aktif dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan, menunjukkan kepedulian kepada masyarakat setempat.

Pada ulang tahun ke-69 ini, semangat gotong royong dan dedikasi yang kuat diharapkan dapat terus membawa Lanud RSA maju menghadapi tantangan masa depan, dengan tetap menjaga keamanan wilayah udara Indonesia.

Hadir dalam acara ini para Kepala Dinas, Komandan Satuan, Kasatker, Kasi, perwira, bintara, tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lanud RSA.MK-saida 

Redaktur : Munawir Sani 

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f