IFRAME SYNC

UKW Gratis PWI di Kepri Resmi Ditutup, 23 Wartawan Dinyatakan Kompeten

BATAM (marwahkepri.com) – Berlangsung selama dua hari, 3-4 Mei 2024, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI Kepri, di Harmoni One Hotel and Convention Centre, Batam, resmi ditutup oleh Direktur Lembaga UKW PWI Pusat, Firdaus Komar, Sabtu (4/5/2024).

Hasilnya, dari 25 orang peserta yang mengikuti UKW yang terdiri dari jenjang Muda, Madya, dan Utama, dua orang peserta dinyatakan belum kompeten.

Firdaus Komar memberikan semangat pada yang belum kompeten dan bukan berarti berhenti jadi wartawan. UKW merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan diri agar lebih mengetahui tugas dan tanggung jawab sebagai seorang wartawan. Lebih memahami Kode Etik Jurnalistik, UU Pers, dan UU Ramah Anak, serta ketentuan lainnya. Sehingga dapat bekerja dengan profesional.

“Bagi yang lulus kami ucapkan selamat dan bagi yang belum kompeten jangan sedih tapi kembali belajar,” kata Firdaus Komar yang lebih akrab disapa dengan panggilan Firko. Sebagai catatan bagi yang belum kompeten dapat melakukan UKW enam bulan ke depan.

Atas nama PWI Pusat, Firko, menyampaikan ucapan terima kasih pada PWI Kepri, Panitia Penyelenggara, dan pihak-pihak lainnya yang telah mendukung sehingga UKW berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir.

Sebelumnya Ketua Tim Penguji Uji UKW PWI Kepri, Zulmansyah mengumumkan hasil UKW tersebut.

“Dari 25 orang peserta yang bertarung mengikuti uji kompetensi selama dua hari ini, dua orang di antaranya belum berkompeten,” kata Zulmansyah.

Zulmansyah mengatakan, wartawan yang dinyatakan belum berkompeten diharapkan meningkatkan lagi kemampuannya dalam memahami kaedah-kaedah jurnalistik, seperti pemahaman terhadap UU 40 tahun 1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik dan juga Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) dalam menulis berita.

“Belajar lagi dan jangan patah semangat,” kata Zulmansyah yang juga Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat.

Mantan Ketua PWI Riau ini mengatakan, 25 orang peserta UKW yang diselenggarakan PWI di Batam dari tanggal 3-4 Mei 2024 tersebut terbagi dalam tiga tingkatan, pertama tingkat Utama satu kelas, tingkat Madya dua kelas dan tingkat Muda dua kelas.

Sementara Ketua PWI Kepri, Andi mengatakan, UKW yang digelar PWI Kepri ini merupakan yang ke 16 kalinya dan yang pertama di masa kepengurusan PWI Kepri 2023-2028.

“PWI Kepri akan terus melaksanakan UKW karena ini program unggulan guna menghasilkan wartawan-wartawan yamg berkompeten di Kepri,” kata Andi.

Dalam kesempatan itu, PWI Kepri juga menyerahkan secara simbolis kartu Anggota Muda PWI Kepri kepada dua perwakilan wartawan yang berasal dari Tanjungpinang dan Kabupaten Kepulauan Anambas. MK-ril

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f