IFRAME SYNC

Bintan Siap Hadapi Pilkada 2024, Disdukcapil Minta 5 Ribu Blanko KTP-el

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bintan, Rusli. (Foto:Andri DS/Ulasan.co)

BINTAN (marwahkepri.com) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bintan telah mengirim surat kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk meminta peningkatan sarana dan prasarana perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di Kabupaten Bintan tahun 2024.

Kepala Dinas Dukcapil Bintan, Rusli, menjelaskan bahwa permintaan ini sesuai dengan instruksi dari Kemendagri untuk melakukan inventarisasi sarana dan prasarana perekaman di setiap pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Dalam surat tersebut, kata Rusli, pihaknya meminta Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri untuk menyediakan satu set perekaman KTP, yang terdiri dari perekam kamera, alat tanda tangan digital, alat sidik jari, dan teropong mata.

“Termasuk printer dan tintanya, serta alat cetak KTP-el. Karena peralatan yang kami miliki saat ini sudah tidak memadai lagi untuk melayani warga,” ucap Rusli kepada hariankepri.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, pihaknya juga meminta 5 ribu blanko KTP-el untuk warga Bintan, khususnya untuk kebutuhan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 ini.

“Saat ini ada 4 ribu blanko, namun itu tidak mencukupi untuk keperluan perekaman KTP-el pada pilkada nanti,” tambahnya.

Rusli menambahkan bahwa pihaknya akan melanjutkan program jemput bola untuk melakukan perekaman KTP di desa-desa maupun di sekolah-sekolah.

“Kami terus melakukan layanan berkeliling ke warga. Terutama kepada siswa-siswi SMA sederajat,” jelasnya.

Rusli juga mengimbau kepada pelajar SMA sederajat untuk melakukan perekaman KTP-el. Pasalnya, dokumen kependudukan tersebut sangat penting untuk keperluan administratif di masa mendatang, seperti tes CPNS, TNI-Polri, dan urusan lainnya.

“Ketika mereka lulus dari sekolah, dokumen KTP-el akan sangat diperlukan untuk mengurus berbagai hal di masa depan,” tutupnya. MK-hk

Redaktur : Munawir Sani

 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f