IFRAME SYNC

Polres Buteng Ungkap Kasus Pemalsuan Dokumen KTP dan KK

LA (50) pelaku pemalsuan dokumen KTP dan KK.(Foto/istimewa)

Buton Tengah (marwahkepri.com) – Kepolisian Resor Buton Tengah (Buteng) melalui Unit Reskrim berhasil mengungkap kasus pemalsuan dokumen kependudukan berupa E-KTP dan Kartu Keluarga (KK).

Kasat Reskrim Polres Buteng, AKP Sunarton Hafala, menjelaskan bahwa kasus ini berawal dari pengaduan masyarakat tahun 2022 di Polres Bau-bau.

Kemudian setelah Polres Buteng terbentuk tahun 2023, aduan tersebut dilimpahkan penanganannya karena tempat kejadiannya berada di wilayah hukum Polres Buteng.

Sejak menerima surat pengaduan tersebut pada Juni 2023, penyidik telah menindak lanjuti dan melakukan penyelidikan dengan melakukan klarifikasi terhadap pihak-pihak yang berkaitan dengan aduan tersebut dan sudah beberapa kali dilakukan gelar perkara.

Dalam gelar perkara tersebut penyidik menyimpulkan adanya perbuatan pidana yang terjadi dilakukan oleh pelaku sehingga kasus naik ke tahap penyidikan.

“Alhamdulillah terhitung mulai tanggal 5 April 2024 kemarin penyidik telah melakukan penahanan terhadap pelaku berinisial LA (50) dari desa Mandoka, Kecamatan Lakudo,” ungkap Sunarton.

Sunarton menjelaskan, pelaku nekat melakukan tindakan pidana yang dipersangkakan yakni untuk pengurusan administrasi calon veteran RI.

Pelaku diduga melakukan Tindak Pidana pemalsuan surat atau dokumen/data kependudukan pada KTP dan KK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 93 UU. RI. NO. 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas UU. RI Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan Jo Pasal 263 Ayat (1) KUHP, Yang terjadi pada sekitar tahun 2016 bertempat di Kec. Lakudo Kab. Buton Tengah. Dengan ancam pidana 8 tahun penjara,” kata Kasat Reskrim Polres Buton Tengah AKP Sunarton Hafala, Jumat (05/04/2024).MK-Salahudin 

Redaktur : Munawir Sani 

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f