Tanpa Disadari, Kebiasaan Ini Bisa Picu Kanker Usus Besar di Usia Muda

Ilustrasi mengidap kanker usus besar di usia muda. (f: ameera)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Spesialis penyakit dalam dan konsultan hematologi onkologi medik, dr. Faizal Drissa Hasibuan, menegaskan bahwa kanker usus besar pada usia relatif muda semakin meningkat, disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat.

Menurut dr. Faizal, kebiasaan pola hidup yang tidak sehat, seperti pola diet yang kurang sehat, obesitas, konsumsi alkohol, merokok, dan kurangnya aktivitas fisik, menjadi faktor risiko utama yang sering diabaikan dan dapat memicu kanker usus besar.

Selain itu, faktor risiko lain seperti usia lanjut dan riwayat keluarga dengan polip usus atau kanker juga dapat berkontribusi terhadap risiko terkena kanker usus besar.

Kanker usus besar dapat menyerang baik pria maupun wanita dengan kemungkinan yang sama, terutama jika gaya hidup tidak sehat dan ada riwayat keluarga yang sama terkait kanker.

Peringatan ini menjadi pengingat penting bagi masyarakat untuk memperhatikan pola hidup sehat guna mencegah risiko kanker usus besar, terutama di usia yang relatif lebih muda. MK-dtc

Redaktur : Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f