Supermoon 9 April 2024 Berpotensi Bikin Banjir Rob, Masyarakat Dihimbau Waspada

Ilustrasi Supermoon. (Foto: kompas)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengingatkan adanya potensi banjir rob yang dapat terjadi saat Supermoon pada tanggal 9 April 2024 atau sehari sebelum Lebaran.

Dia menjelaskan bahwa Supermoon pada tanggal 9 April akan menjadi lebih kuat karena merupakan purnama sempurna.

“Pasang-surut yang sering mengakibatkan banjir rob, ini waspadai peluang pasang maksimum, karena akan terjadi Supermoon tanggal 9,” ujarnya dalam paparannya saat rapat bersama Komisi V DPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Dwikorita menjelaskan bahwa posisi bulan yang terdekat dengan bumi pada tanggal 9 April akan menyebabkan gravitasinya menjadi lebih kuat, terutama karena adanya purnama secara sempurna. Oleh karena itu, diprediksi pasangnya akan mencapai maksimum.

Dia juga memberikan peringatan khusus untuk wilayah-wilayah tertentu. Di Tanjung Priok, peluang pasang maksimum diperkirakan terjadi pada 10 April dengan ketinggian maksimum mencapai 1 meter. Di Banyuwangi, pada tanggal yang sama, ketinggian maksimum pasang diprediksi mencapai 2,56 meter. Sementara itu, di Cilegon, ketinggian maksimum pasang saat Supermoon diperkirakan mencapai 1,04 meter, dan di Tanjung Perak mencapai 2,55 meter.

Selain itu, Dwikorita juga memperingatkan tentang potensi banjir rob yang dapat terjadi selama periode Lebaran, dari tanggal 1 hingga 13 April, di beberapa wilayah pesisir Indonesia seperti Banten dan Jawa Tengah. Hal ini tentunya dapat mengganggu aktivitas masyarakat. MK-mun/dtk

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f