Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK) menggelar konferensi pers tentang pencurian diatas kapal, Senin (1/4/2024). (Foto: fery)

KARIMUN (marwahkepri.com) – Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK) berhasil menggagalkan upaya pencurian di atas sebuah kapal tugboat di perairan Pantai Pongkar, Kabupaten Karimun.

Tim patroli F1QR Lanal Karimun berhasil mengamankan empat pelaku yang terlibat dalam kejadian tersebut pada hari Minggu lalu.

Komandan Lanal TBK, Letkol Laut (P) Anro Casanova menyatakan bahwa keempat pelaku yang diamankan tersebut merupakan warga Karimun dan masing-masing memiliki inisial FY (28), AS (35), AH (25), dan SL (37).

Kasus pencurian di atas kapal tugboat terungkap saat tim patroli F1QR Lanal Karimun mencurigai sebuah kapal pompong tanpa nama yang bergerak menuju arah selatan perairan Pongkar. Kapal tersebut kemudian diberhentikan oleh petugas dan pada pemeriksaan selanjutnya, ABK di kapal tersebut mengakui bahwa mereka baru saja melakukan pencurian di atas kapal tugboat.

“Dalam modusnya para pelaku sengaja menarget kapal-kapal yang melintas dengan kecepatan rendah berkisar 2-5 knot di perairan Karimun. Hal ini untuk memudahkan para pelaku menjarah barang apa saja dengan cepat dengan memindahkannya ke atas kapal pompong yang mereka gunakan saat beraksi,” jelasnya dalam konferensi pers, Senin (1/4/2024).

Para pelaku mengaku telah melakukan aksi pencurian sebanyak tiga kali sejak tanggal 25 Maret 2024, dengan menargetkan kapal-kapal yang melintas dengan kecepatan rendah di perairan tersebut. Tim Lanal Karimun berhasil menyita sejumlah barang bukti, termasuk kunci, palu, parang, HP, serta tas ransel dan selempang. MK-fery

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f