Menjadi Morning Person: Mengubah Kebiasaan dari Night Owl ke Morning Person

Ilustrasi Foto.

Daripada menjadi night owl, menjadi morning person memiliki sejumlah manfaat yang signifikan. Simak beberapa cara untuk bisa menjadi seorang morning person dan mulai nikmati pagi dengan segala keuntungannya.

Mengubah Kebiasaan Tidur: Untuk memulai pagi dengan lebih baik, langkah pertama adalah memperbaiki kebiasaan tidur malam. Pastikan Anda mendapatkan jumlah jam tidur yang cukup dan mulailah dengan bersantai sebelum tidur, menghindari paparan cahaya biru dari ponsel atau televisi yang dapat mengganggu kualitas tidur.

Rencanakan Pagi Anda: Tuliskan aktivitas yang ingin Anda lakukan di pagi hari dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Dengan merencanakan pagi Anda sebelumnya, Anda dapat menentukan jam berapa sebaiknya bangun dan mengatur alarm sesuai kebutuhan.

Beradaptasi Tanpa Buru-buru: Saat bangun tidur, beri diri Anda waktu untuk beradaptasi dengan keadaan tanpa terburu-buru. Hindari langsung mengecek ponsel dan cobalah melakukan latihan napas singkat untuk lebih mindful. Menjalani rutinitas dengan perlahan dan penuh fokus dapat membuat perbedaan besar dalam keseharian Anda.

Konsistensi Meski di Weekend: Untuk berhasil menjadi morning person, penting untuk tetap konsisten dengan jadwal tidur, bahkan di akhir pekan. Memiliki jam bangun yang konsisten membantu menjaga ritme sirkadian Anda tetap teratur dan mendukung kualitas tidur yang baik.

Manfaat Berjemur: Cari sinar matahari setelah bangun tidur, karena paparan sinar matahari dapat membantu menghentikan produksi hormon melatonin yang membuat Anda merasa mengantuk. Sinar matahari juga membantu membangunkan tubuh Anda secara alami. Sambil berjemur, Anda juga dapat melakukan olahraga ringan seperti peregangan atau jalan kaki untuk meningkatkan energi.

Lakukan Aktivitas yang Disukai: Untuk memberikan semangat pada diri sendiri, lakukan aktivitas yang Anda sukai di pagi hari. Menyiapkan minuman favorit, membaca buku, atau bermain dengan hewan peliharaan kesayangan bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk memulai hari.

Dengan mengikuti tips ini secara konsisten, Anda dapat membiasakan diri menjadi morning person dan mulai menikmati manfaatnya untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f