Dinas Perikanan Natuna Usulkan Pembangunan Gudang Pendingin dan ABF

Kepala Dinas Perikanan Natuna, Hadi Suyanto ditemui di kantornya, Senin (12/2/2024). (Foto: nang)

NATUNA (marwahkepri.com) – Dinas Perikanan Natuna telah mengusulkan pembangunan gudang pembekuan (cold storage) dan lemari pendingin air blast freezer (ABF) untuk kecamatan Pulau Laut.

Kepala Dinas Perikanan Natuna, Hadi Suyanto, menjelaskan bahwa cold storage yang diusulkan memiliki kapasitas 50 ton, sementara ABF memiliki kapasitas 5 ton.

“Proposalnya sudah masuk ke kita dan sudah kita teruskan ke Direktorat Penguatan Daya Saing Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Dinas KKP Provinsi Kepri,” ujarnya, Senin (12/2/2024).

Jojo, sapaan akrabnya, mengharapkan proposal tersebut dapat direalisasikan baik oleh Kementerian KKP maupun Dinas KKP Provinsi Kepri.

“Dengan adanya cold storage dan ABF, tentunya akan meningkatkan produksi perikanan tangkap dan kesejahteraan nelayan di daerah perbatasan Indonesia,” ungkap dia.

Jojo menyebut bahwa pembangunan dua sarana dan prasarana nelayan tersebut memerlukan anggaran sekitar Rp 9 miliar. Namun, dia juga menyadari bahwa anggaran pendapatan dan belanja daerah saat ini sangat minim untuk merealisasikan bantuan tersebut. MK-nang

Redaktur: Munawir Sani