Elon Musk Bentuk Austin Center untuk Bersihkan Konten Berbahaya di Media Sosial X

Elon Musk. (F: NBC)

Marwahkepri.com – Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX, merencanakan pendirian perusahaan khusus di Austin, Amerika Serikat, yang akan fokus menangani konten berbahaya dan pelecehan anak yang marak terjadi di platform media sosial X. Perusahaan ini diberi nama Austin Center dan saat ini sedang melakukan perekrutan untuk mengisi 100 posisi moderator yang akan menangani permasalahan konten di X.

Pembangunan Austin Center merupakan langkah proaktif Musk dalam memberantas konten berbahaya dan pelecehan anak di X, terlebih setelah akuisisi X pada tahun 2022. Sejak saat itu, muncul banyak laporan dan keluhan terkait konten sensitif di X. Austin Center juga dijuluki sebagai Trust and Safety Center of Excellence.

Joe Benarroch, Kepala Operasi Bisnis X, menyatakan bahwa pendirian Austin Center merupakan tanggapan terhadap tantangan yang semakin besar di ranah media sosial X. Keputusan ini juga sejalan dengan hasil sidang Senat Amerika Serikat mengenai pelarangan eksploitasi seksual anak secara online.

“Target kami adalah merekrut 100 moderator konten pada akhir tahun 2024, X menekankan pentingnya memperkuat tim moderasi konten. Keberhasilan inisiatif ini bergantung pada penemuan talenta yang tepat. Tim di Austin sedang dibangun secara aktif,” ujar Benarroch seperti yang dilaporkan oleh Gizmochina pada Senin, 29 Januari 2024.

Benarroch menegaskan bahwa Austin Center tidak hanya ditujukan untuk memerangi konten pelecehan anak, tetapi juga merupakan bagian dari upaya lebih luas dalam mengatasi spektrum konten berbahaya. Ini sejalan dengan komitmen X dalam meningkatkan moderasi konten dan mengurangi dampak negatifnya di dunia digital.

Kepala Operasi Bisnis X menyatakan bahwa keputusan Musk untuk mendirikan pusat moderasi konten di Austin adalah langkah yang tepat, menunjukkan komitmen X dalam memerangi konten sensitif dan berbahaya bagi anak di bawah umur. Namun, dia menekankan bahwa perekrutan moderator khusus dan perluasan cakupan di luar konten pelecehan anak akan menjadi fokus ekstra dalam waktu dekat, demi menciptakan lingkungan online yang lebih aman.

Benarroch menyatakan bahwa komitmen X terhadap moderasi konten adalah solusi komprehensif untuk memerangi eksploitasi seksual terhadap anak dan konten berbahaya lainnya di media sosial. Dia berharap inisiatif Elon Musk dapat sukses, menghasilkan tim yang efektif dan proaktif dalam menangani isu-isu yang muncul di X.

 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f