Menjaga Kesehatan Otak: Hindari 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak

Ilustrasi. (F: Net)

Marwahkepri.com – Pentingnya menjaga kesehatan otak dan mengidentifikasi 7 kebiasaan sehari-hari yang berpotensi merusak fungsi otak. Otak sebagai organ vital memegang peran penting dalam mengendalikan tubuh dan fungsi kognitif. Simak informasi selengkapnya untuk menerapkan perubahan positif dalam gaya hidup sehari-hari.

Sama seperti organ tubuh lainnya, otak memerlukan perhatian khusus untuk tetap sehat. Otak tidak hanya mengendalikan pikiran, tetapi juga memori, sensasi, dan aspek lainnya dari kinerja tubuh. Beberapa kebiasaan sehari-hari dapat berkontribusi pada kerusakan otak, sehingga penting untuk mengidentifikasinya dan menghindarinya.

Konsumsi Obat-obatan: Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti antidepresan trisiklik dan antihistamin yang dijual bebas, dapat memblokir aksi asetilkolin, bahan kimia otak yang berperan dalam pembelajaran dan memori. Studi menunjukkan bahwa konsumsi obat-obatan ini dalam jumlah tinggi dan jangka panjang dapat meningkatkan risiko demensia.

Terlalu Banyak Duduk: Duduk terlalu lama, rata-rata enam setengah jam per hari, dapat mengakibatkan perubahan pada bagian otak, terutama pada bagian memori. Para peneliti merekomendasikan untuk bergerak setelah 15 hingga 30 menit duduk, sebagai upaya menjaga kesehatan otak.

Kurang Terpapar Sinar Matahari: Kebiasaan kurang terpapar sinar matahari, terutama bagi yang sering berada di ruangan redup, dapat memperlambat kinerja otak, meningkatkan risiko depresi, gangguan sistem saraf, dan risiko penyakit jantung. Para peneliti menyarankan untuk menyempatkan diri berada di ruang terbuka yang terpapar matahari pagi.

Terlalu Banyak Konsumsi Gula: Asupan gula berlebihan dalam jangka waktu lama dapat mengganggu penyerapan protein dan nutrisi tubuh, menghambat pertumbuhan otak. Kekurangan nutrisi dapat menghambat perkembangan otak.

Kurang Tidur: Kekurangan waktu tidur, yang dialami oleh sepertiga orang dewasa, dapat menyebabkan penurunan daya ingat dan kemampuan memecahkan masalah. Tujuh hingga delapan jam tidur per hari disarankan untuk menjaga kesehatan otak.

Mendengarkan Musik dengan Volume Tinggi: Mendengarkan musik dengan volume tinggi menggunakan earphone atau headphone dapat merusak kemampuan pendengaran secara permanen dan menyebabkan masalah otak, termasuk kehilangan memori dan kerusakan jaringan otak di masa mendatang.

Melewatkan Sarapan: Melewatkan sarapan pagi dapat berpengaruh pada kesehatan otak karena otak tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Sarapan sebelum beraktivitas dapat meningkatkan prestasi di sekolah, dan kecukupan cairan juga penting untuk menjaga fokus.

Artikel ini mengingatkan pembaca untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut guna menjaga kesehatan otak dan mendorong perubahan positif dalam gaya hidup sehari-hari.

 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f