Ilustrasi hujan deras. (Foto: Antara)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi adanya potensi hujan ringan hingga lebat yang masih dapat terjadi di sejumlah wilayah Indonesia hingga awal Februari 2024.

“Mengamati hasil analisis dinamika atmosfer terkini, potensi hujan dengan variasi intensitas yang beragam di wilayah Indonesia diprediksi masih dapat terjadi hingga memasuki periode awal bulan Februari 2024,” ungkap Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, dalam siaran pers pada Senin (29/1/2024).

Guswanto menjelaskan bahwa kondisi ini dipicu oleh beberapa faktor, di antaranya adalah aktivitas Monsun Asia yang disertai potensi seruan dingin, yang berdampak pada peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator. Selain itu, masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah turut memicu pembentukan awan hujan.

“Pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di selatan ekuator juga terbentuk sebagai dampak dari penguatan angin Monsun Asia,” tambahnya.

Dengan adanya peringatan ini, BMKG mengimbau masyarakat dan pihak terkait untuk tetap waspada terhadap potensi hujan lebat yang dapat menyebabkan bencana alam. Langkah-langkah pencegahan dan mitigasi diharapkan dapat diterapkan secara proaktif untuk mengurangi dampak yang mungkin timbul akibat kondisi cuaca tersebut. MK-mun/kom

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f