KPU Natuna Akan Distribusikan Undangan Pemungutan Suara pada H-3 Pemilu

KPU ngobrol pemilu dengan wartawan

Komisioner KPU Natuna mengadakan ngobrol pemilu dengan awak media, bertempat di Dejavu Cafe, pada Rabu 24 Januari 2024.(foto/Nang)

NATUNA (marwahkepri.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Natuna, akan menyalurkan surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih tiga hari menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari mendatang.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Penelitian (sosdiklit) dan SDM KPU Natuna, Tomi, mengatakan, pendistribusian akan dilaksanakan mulai tanggal 11-13 Februari 2024.

“Surat undangan memang belum disalurkan kepada pemilih. Kami baru proses pleno untuk pencetakan,” ujarnya saat menggelar Ngobrol Pemilu (Ngopi) dengan awak media di Dejavu Cafe, Rabu malam (24/01/2024).

Tomi mengatakan, surat undangan pemungutan suara untuk pemilih akan didistribusikan ke pulau-pulau bersamaan dengan pengiriman logistik Pemilu.

Surat undangan Pemilu tahun 2024 berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Dahulu disebut formulir C6, sedangkan yang tahun ini berganti nama menjadi C-Pemberitahuan.

Selain itu, pada Pemilu sebelumnya surat undangan menggunakan sistem manual. Selain bisa digandakan, pengisian formulirnya juga masih tulis tangan. Sedangkan yang terbaru sudah terkomputerisasi.

“Surat udangan yang akan kami kirim pada tahun ini formulirnya tidak bisa lagi ditulis tangan seperti di Pemilu beberapa tahun lalu,” ungkapnya.

Kata dia, nantinya Kolompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di setiap TPS hanya menadatangani C-Pemberitahuan. Sedangkan isinya seperti Nama, Alamat, NIK maupun nomor TPS sudah tertera di dalam formulir.

Sementara itu Ketua KPU Natuna Kusnaidi mengatakan, pendistribusian logistik akan diprioritaskan ke beberapa kecamatan yang jauh dari Ibukota kabupaten.

“Kita utamakan pengiriman logistik Pemilu ke beberapa pulau seperti, Pulau laut, Subi, Midai, Serasan, Pulau Panjang dan beberapa daerah lainnya,” ujar Kusnaidi.

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi adanya cuaca ekstrim, dikhawatirkan mengalami keterlambatan dalam proses pengiriman.

Untuk pengiriman logistik Pemilu, ada beberapa alternatif seperti menggunakan transportasi milik masyarakat, kapal Pelni, maupun kapal Pemda Natuna.MK-nang

Redaktur : Munawir Sani 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f