DPUTR Lingga Mulai Peningkatan Jalan Istana Damnah Melalui DAK Tahun Ini

Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Lingga. (F:ist)

LINGGA (marwahkepri.com) – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Lingga menegaskan komitmennya untuk fokus pada pengembangan kawasan pusaka dan situs sejarah Istana Damnah pada tahun 2024.

Kepala DPUTR Lingga, Novrizal, S.T, M.IP, menyampaikan bahwa tahun ini pihaknya akan meningkatkan Jalan Istana Damnah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tematik Pariwisata dengan anggaran sebesar 8,7 Miliar.

“Proses lelang sudah dimulai, dan kontrak kemungkinan akan dimulai pada awal Februari,” katanya dalam konfirmasi kepada marwahkepri.com, Rabu (24/01/2024).

Novrizal juga menjelaskan bahwa proyek ini akan melibatkan pengaspalan jalan dan pemasangan lampu jalan. Selain itu, melalui bidang Cipta Karya (CK), peningkatan Astaka di Istana Damnah juga akan dilaksanakan dengan APBD Lingga.

“Dengan ini, jalan tersebut akan terhubung ke pusat pemerintahan kantor Bupati Lingga,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan, dengan gelontoran anggaran yang signifikan, proyek ini menjadi salah satu wujud nyata dari upaya pemerintah daerah untuk menjaga dan memajukan warisan budaya serta sejarah.

“Peningkatan infrastruktur di sekitar Istana Damnah diharapkan akan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat setempat dan industri pariwisata Kabupaten Lingga secara keseluruhan,” tuturnya. (mk/willy)

 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f