Rahasia Panjang Umur: Menjelajahi Kota-Kota dengan Harapan Hidup Tinggi di Dunia

(F: Ist)

Marwahkepri.com – Beberapa kota di seluruh dunia menampilkan kecenderungan yang menakjubkan, di mana warganya mampu menikmati umur panjang yang luar biasa. Artikel ini mengungkap beberapa kota “panjang umur” yang disorot oleh National Geographic, menyelami faktor-faktor seperti pola makan sehat, aktivitas fisik, dan keberlanjutan komunitas yang memengaruhi harapan hidup.

1. Ikaria, Yunani: Pulau Kesehatan dan Umur Panjang

Ikaria, pulau di Yunani, menonjol dengan tingkat kematian usia paruh baya dan demensia terendah di dunia. Pola makan mediterania, yang kaya akan sayuran dan lemak sehat, memberikan 1 dari 3 penduduk Ikaria kesempatan hidup hingga usia 90-an tanpa penyakit kronis.

2. Okinawa, Jepang: Rahasia Hidup Panjang

Okinawa, tempat tinggal wanita dengan usia terpanjang di dunia, menyimpan rahasia dalam makanan sehat seperti ubi Okinawa dan tradisi moai yang memperkuat dukungan sosial dan perilaku sehat.

3. Nicoya, Kosta Rika: Komunitas Agama dan Aktivitas Fisik

Kosta Rika memiliki tingkat kematian usia paruh baya terendah di dunia, dengan warga Nicoya mempraktikkan komunitas agama yang kuat, jaringan sosial mendalam, dan kebiasaan aktivitas fisik berintensitas rendah yang teratur.

4. Loma Linda, Amerika Serikat: Blue Zone di Tanah Negeri

Loma Linda, satu-satunya Blue Zone di Amerika Serikat, menyajikan penduduk yang hidup 10 tahun lebih sehat. Dengan mengikuti pola makan alkitabiah dan komunitas Advent yang tinggi, mereka menunjukkan bahwa kehidupan sehat dapat dicapai melalui gaya hidup dan kebersamaan.

5. Singapura: Kota Metropolis dengan Umur Panjang

Singapura, anggota terbaru dalam kategori Blue Zone, mengalami peningkatan harapan hidup yang signifikan. Keberhasilannya didorong oleh kebiasaan jalan kaki, akses mudah ke makanan sehat, dan sistem layanan kesehatan yang efektif.

6. Sardinia, Italia: Dataran Tinggi Penuh Keharmonisan

Sardinia, dataran tinggi di Italia, dikenal dengan konsentrasi pria berusia 100 tahun tertinggi di dunia. Pola makan berbasis tumbuhan, aktivitas harian yang tinggi, dan kekeluargaan yang kuat membantu mengurangi tingkat penyakit dan meningkatkan umur panjang warganya.

Dalam setiap kota ini, gaya hidup sehat, pola makan yang tepat, dan komunitas yang erat menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai harapan hidup yang luar biasa.

 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f