Menjaga Kualitas Tidur Malam: Minuman yang Perlu Dihindari untuk Mendapatkan Tidur Nyenyak

Ilustrasi. (F: Life)

Marwahkepri.com – Tidur nyenyak merupakan kenikmatan yang diinginkan semua orang, terutama karena memiliki dampak positif pada kesehatan dan memberikan tampilan awet muda.

Tidur malam yang berkualitas memungkinkan tubuh untuk melakukan pemulihan dan perbaikan sel. Oleh karena itu, menetapkan rutinitas tidur yang baik adalah langkah penting untuk mendukung pekerjaan anti-penuaan alami tubuh.

Namun, tahukah Anda bahwa sejumlah minuman dapat mengganggu kualitas tidur malam Anda? Berdasarkan informasi dari Everyday Health dan Sleep Foundation, artikel ini akan menyoroti jenis minuman yang sebaiknya dihindari agar Anda dapat menikmati tidur malam yang berkualitas.

1. Alkohol Meskipun dapat membuat seseorang tidak sadarkan diri, alkohol sebenarnya dapat mengganggu kualitas tidur. Pengaruhnya pada gelombang otak membuat tidur menjadi lebih sulit dan kurang nyenyak. Disarankan untuk menghindari konsumsi alkohol empat jam sebelum tidur, terutama jika lebih dari satu gelas diminum, karena butuh waktu cukup lama bagi tubuh untuk memetabolisme alkohol.

2. Kopi Efek diuretik dan kandungan kafein dalam kopi dapat mengganggu tidur. Kafein dapat membuat Anda tetap terjaga, bahkan dalam kopi tanpa kafein. Disarankan untuk menghindari kopi berkafein delapan jam sebelum tidur, mengingat waktu paruh dan dosis kafein yang panjang.

3. Teh Hitam atau Hijau Baik teh hitam maupun hijau mengandung kafein dan bersifat diuretik. Disarankan untuk menghindari keduanya empat hingga enam jam sebelum tidur untuk mencegah gangguan pada pola tidur.

4. Soda Soda, dengan kombinasi kafein dan gula tinggi, dapat mengganggu tidur berkualitas. Meskipun ada versi tanpa kafein, gelembung karbonasi juga dapat menyulitkan tidur. Disarankan untuk menghindari minum soda tanpa kafein lebih dari tiga hingga empat jam sebelum tidur, sementara soda berkafein sebaiknya dihindari delapan jam sebelum tidur.

5. Minuman Berenergi Minuman berenergi mengandung kafein dan senyawa stimulan lainnya dengan kadar gula tinggi. Kafein dalam minuman ini seringkali lebih tinggi daripada kopi atau teh. Untuk kualitas tidur yang baik, batasi konsumsi minuman berenergi minimal sembilan jam sebelum tidur.

Sebelum Anda memilih untuk minum salah satu dari minuman di atas, pertimbangkan pengaruhnya pada kualitas tidur Anda dan apresiasi akan manfaat tidur untuk kesehatan secara keseluruhan. Penting untuk menjaga kesadaran akan pola tidur dan memilih waktu serta jumlah konsumsi minuman dengan bijak.

 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f