Bandara Hang Nadim Batam Buka Penerbangan Langsung ke China

Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan membuka penerbangan langsung ke dan dari Kunming, China, mulai 20 Januari 2024. (Foto: RRI)

BATAM (marwahkepri.com) – Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan membuka penerbangan langsung ke dan dari Kunming, China, mulai 20 Januari 2024. Rute ini akan dilayani oleh maskapai Citilink Indonesia.

Direktur Utama PT. Bandara Internasional Batam (BIB), Pikri Ilham Kurniansyah, menyatakan bahwa kehadiran rute baru ini adalah upaya untuk memperluas konektivitas regional dan mendukung pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di Indonesia, khususnya di Batam.

“Hadirnya rute baru penerbangan tersebut merupakan tindak lanjut dan komitmen PT.BIB dalam program leaving legacy dengan menginisiasikan transformasi ekosistem kebandarudaraan yang sebelumnya hanya melayani permintaan menjadi menciptakan permintaan,” ujar Pikri, Selasa (16/1/2024).

Penerbangan ini awalnya dijadwalkan sekali seminggu pada periode Januari hingga Maret. Kemudian, pada periode April hingga Mei, direncanakan dua kali seminggu, dan setelahnya hingga Januari 2025, direncanakan menjadi tiga kali seminggu.

Manajemen PT. BIB telah menyiapkan persiapan operasional khusus untuk kelancaran penerbangan perdana. Fasilitas dan utilitas pendukung di area gerbang keberangkatan internasional, konter check-in, pengecekan berkas imigrasi, dan lainnya telah ditingkatkan.

“Tidak hanya itu, optimalisasi pemeriksaan keamanan dan keselamatan penerbangan pada orang dan barang juga telah diterapkan untuk memastikan terciptanya penerbangan yang aman dan nyaman,” tambah Pikri.

Rute internasional ini diharapkan membuka peluang bisnis dan investasi di sektor pariwisata, perdagangan, dan industri. Pikri berharap bahwa penerbangan ini akan menjadi reguler dan dapat meningkatkan kerja sama antara Indonesia, khususnya Batam, dengan negara lain.

Penerbangan ini dianggap dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan kerja sama dan pengembangan Batam sebagai kawasan yang berorientasi internasional.

Pikri menekankan bahwa hal ini juga akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia, terutama di Kota Batam. Meningkatnya konektivitas juga diharapkan akan meningkatkan peluang usaha di kawasan tersebut. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f