Ahmad Sofian : Pelaku Usaha Mikro Banyak, Namun Tidak Mendongkrak PAD

Salah satu warung di gang rambutan, kelurahan Batu Hitam.(foto/Nang)

NATUNA (marwahkepri.com) – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) kabupaten Natuna, Ahmad Sofian, mengakui telah menerbitkan ribuan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Hingga akhir tahun 2023, pihaknya telah menerbitkan sebanyak 5.436 NIB. Akan tetapi,  sebagian besar merupakan sektor usaha kecil (mikro).

Oleh karena sebagian besarnya adalah usaha mikro, tidak terlalu mendongkrak pada cipta kerja maupun Pendapatan Asli Daerah (PAD) Natuna.

“Kita belum ada investasi yang nilainya besar diatas 10 miliar, makanya kita berharap KEK maritim itu masuk, investasi besar cipta kerja  juga tinggi,” Ahmad Sofian di ruang kerjanya, Senin, 15 Januari 2024.

“Kalau Untuk NIB Sebagian besar usaha mikro, pendapatan masih kecil, investasi kecil, cipta kerja kecil, secara otomatis PAD kecil juga,” timpalnya.

Kendati demikian, ia mengaku bersyukur investasi tambang pasir kuarsa (silika) masuk ke kabupaten Natuna pada tahun lalu. Sehingga pendapatan daerah naik secara signifikan.

“Alhamdulillah, ada masuk tambang kuarsa. Makanya PAD kita naik, kalau tidak ada investasi segitu-segitu aja setiap tahun paling besar belasan miliar,” bebernya.

Ahmad Sofian mengatakan, pada tahun lalu PMPTSP menerbitkan 2.619 NIB, sedangkan pada tahun 2024 ini ditargetkan 1.500 NIB.

“Kita bergerak bersama instansi lain. Tukang pungut itu kan BPKPD, tapi kalau investasi kecil, yang dapat dipungut juga kecil,” tandasnya.MK-nang

Redaktur : Munawir Sani 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f