Kabupaten Karimun Siaga Banjir Rob, Warga Diberi Peringatan Dini hingga 16 Januari 2024

Ilustrasi banjir rob. (Foto: Info Publik)

KARIMUN (marwahkepri.com) – Kabupaten Karimun mendapatkan peringatan dini banjir pesisir atau banjir rob di sejumlah wilayah mulai hari ini, Kamis (11/1/2024) hingga Selasa (16/1/2024).

Prakirawan Stasiun Meteorologi Tanjungbalai Karimun, Yola mengatakan, ancaman banjir rob mengancam sejumlah wilayah pesisir di Kabupaten Karimun.

“Penyebabnya dikarenakan fenomena fase bulan baru (new moon) pada tanggal 11 Januari 2024, serta curah hujan yang tinggi, yang saat ini sedang melanda Kabupaten Karimun,” kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Tanjungbalai Karimun, Yola, Kamis (11/1/2024).

Yola mengungkapkan, kondisi tersebut berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

“Diprediksi banjir rob terjadi pada siang hingga malam hari, dan ketinggiannya juga mencapai maksimum,” ungkap Yola.

Yola mengatakan, banjir rob ini bisa saja terjadi pada siang hingga malam hari, atau saat air laut pasang.

“Pada dasarnya banjir rob ini terjadi karena kenaikan muka air laut, yang disebabkan oleh pasang surut air laut akibat gaya gravitasi bulan,” terang Yola.

“Kondisi ini diperkirakan berdampak pada kegiatan transportasi di sekitar pelabuhan, bongkar muat dan aktivitas masyarakat di pesisir, sekali lagi mami menghimbau agar masyarakat Kabupaten Karimun selalu waspada,” tuturnya.

Adapun daerah yang berpotensi dilanda banjir rob adalah pesisir Kecamatan Kundur Barat, Karimun, Meral dan sekitarnya. MK-fery

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f