Fitur SOS Apple Watch Selamatkan Siswa dari Keracunan Karbon Monoksida

Ilustrasi. (F: Tek.id)

Marwahkepri.com – Produk jam tangan pintar buatan Apple, Apple Watch, sekali lagi membuktikan nilai lebihnya dengan menyelamatkan nyawa seorang siswa di Amerika Serikat yang terkena keracunan karbon monoksida. Kejadian dramatis ini dimulai ketika Natalie Nasatka, seorang siswa, menggunakan fitur SOS pada Apple Watch-nya.

Fitur tersebut, dirancang untuk keadaan darurat, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat memanggil bantuan dari petugas terkait seperti polisi atau pemadam kebakaran. Natalie, yang merasakan gejala keracunan karbon monoksida akibat pemanas rusak di kamarnya, segera menekan tombol SOS di Apple Watch-nya.

Cerita penyelamatan ini pertama kali diungkapkan dalam liputan CBS, sebagaimana dilaporkan oleh Gizmochina pada Selasa, 9 Januari 2023. Karbon monoksida, yang tidak berbau dan sulit terdeteksi, bisa sangat berbahaya jika terhirup dalam jumlah berlebihan, menyebabkan kesulitan bernafas.

Keunggulan Apple Watch terletak pada kemampuannya mendeteksi kadar udara di sekitar penggunanya. Melalui notifikasi di perangkatnya, Natalie menyadari bahwa dirinya terpapar karbon monoksida dan dengan cepat menekan tombol SOS untuk meminta pertolongan.

Selain berbagai fitur kesehatan seperti pemantauan detak jantung dan tingkat oksigen darah, fitur SOS di Apple Watch telah terbukti menjadi alat penyelamatan nyawa yang efektif. Pengguna dapat mengaktifkannya dengan menahan tombol samping jam tangan, yang akan langsung menampilkan opsi panggilan SOS.

CEO Apple Watch mengungkapkan bahwa perusahaan sering menerima testimoni tentang bagaimana fitur SOS telah menyelamatkan nyawa. Keberhasilan baru-baru ini dengan Natalie Nasatka hanyalah satu dari banyak kasus di mana Apple Watch memberikan bantuan dalam situasi darurat, menegaskan peran sentralnya dalam keamanan penggunanya.

 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f