IFRAME SYNC

Strategi Debat ke-3: Menilai Unjuk Gigi Anies, Ganjar, dan Prabowo dalam Ranah Pertahanan dan Keamanan

Debat capres 2024. (f: net)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Pertarungan tajam antara Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo di debat ke-3 yang akan digelar di Istora Senayan pada Minggu mendatang menarik perhatian. Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, memberikan analisisnya terkait kemungkinan unggul di debat tersebut.

Menurut Adi, secara umum, tema debat ke-3 yang menyangkut pertahanan dan keamanan seharusnya menjadi keunggulan Prabowo Subianto. Dengan latar belakang sebagai Menhan dan pengalaman militer, Prabowo diharapkan lebih familier dengan tema tersebut.

Namun, Adi juga mencatat bahwa keunggulan Prabowo dapat memicu Anies dan Ganjar untuk melontarkan kritik. Adi mengingatkan momen debat pertama di mana Anies mengkritik Prabowo, terutama mengingat Prabowo dianggap sebagai petahana karena didukung oleh Jokowi.

Adi menyebut beberapa isu yang mungkin dijadikan bahan kritik terhadap Prabowo, termasuk belanja alat perang, anggaran kemenhan yang tinggi, dan proyek food estate. Menurutnya, Prabowo kemungkinan akan kembali mendapat kritik tajam dari Anies dan Ganjar.

Di sisi lain, Adi menilai Anies dan Ganjar tidak terlalu dekat dengan isu ketiga tersebut. Meski begitu, Ganjar diuntungkan dengan pengalaman sebagai mantan gubernur Jawa Tengah, dan Anies bisa memanfaatkan posisinya sebagai oposisi untuk mengkritik tuntas kebijakan Prabowo.

Dengan demikian, sementara Prabowo diuntungkan dari tema debat, Anies dan Ganjar memiliki potensi untuk mengungkap dan mengkritik kelemahan Prabowo dalam isu-isu spesifik. Debat ke-3 diharapkan menjadi panggung untuk melihat bagaimana ketiga tokoh ini menghadapi tantangan dan memanfaatkan keunggulan masing-masing. MK-dtc

Redaktur : Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f