Kenali 7 Minuman Penurun Kolesterol untuk Kesehatan Jantung Optimal Anda

Marwahkepri.com – Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Selain menjalani diet seimbang dan aktivitas fisik, minuman penurun kolesterol juga dapat menjadi pilihan untuk membantu menjaga kesehatan Anda.

Kolesterol tinggi, yang mencerminkan kelebihan lemak dalam darah, dapat menyebabkan penumpukan plak pada arteri.

Faktor-faktor seperti pola makan tidak sehat dan kurangnya olahraga dapat memperburuk kondisi ini. Artikel ini akan mengulas beberapa minuman penurun kolesterol yang dapat Anda nikmati di pagi hari.

Dengan menambahkan minuman-minuman ini ke dalam pola makan Anda, Anda dapat memberikan dukungan tambahan untuk mengelola kadar kolesterol Anda.

Berry Smoothie

Buah beri kaya akan antioksidan dan serat, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Campurkan beberapa jenis buah beri dengan yogurt dalam blender untuk membuat smoothie yang lezat dan sehat.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan antioksidan lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL). Nikmati teh hijau sebagai minuman pagi, dan padukan dengan kudapan sehat seperti sepotong biskuit.

Minuman Kakao

Kakao yang terdapat dalam cokelat hitam mengandung flavanol, sejenis antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Konsumsi minuman yang mengandung kakao dengan flavanol dapat membantu mengurangi kolesterol LDL yang berbahaya dan meningkatkan kolesterol HDL yang baik.

Susu Kedelai

Susu kedelai rendah lemak jenuh dan dapat menjadi alternatif yang baik untuk produk susu tinggi lemak. Mengganti krim atau produk susu lainnya dengan susu atau krimer kedelai dapat membantu mengelola kadar kolesterol. Pastikan untuk memilih produk kedelai yang minim tambahan gula, garam, dan lemak.

Jus Tomat

Tomat mengandung likopen, yang dapat mengurangi kolesterol LDL yang berbahaya dan meningkatkan kadar lipid. Membuat jus tomat sendiri dapat meningkatkan kandungan likopen, sambil mendapatkan manfaat nutrisi lainnya seperti niasin dan serat.

Susu Nabati

Jika Anda biasa mengonsumsi susu, pertimbangkan untuk beralih ke susu nabati. Ada berbagai jenis susu nabati dengan kandungan yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Pilihlah susu nabati yang minim tambahan gula dan lemak.

Minuman Oat (Gandum)

Oat mengandung beta-glukan, suatu jenis serat yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dan membantu mengurangi kadar kolesterol. Minuman oat, seperti susu oat, dapat menjadi pilihan yang konsisten untuk menurunkan kadar kolesterol.

Dengan mengintegrasikan minuman-minuman ini ke dalam rutinitas harian Anda, Anda dapat berkontribusi pada upaya menjaga kesehatan jantung dan mengelola kadar kolesterol secara alami.

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f