Wakil Bupati Natuna Resmi Buka Sekolah Lapangan Cuaca Nelayan: Upaya BMKG Wujudkan Nelayan Hebat dan Selamat

Wakil Bupati Natuna membuka acara Sekolah Lapangan Cuaca Nelayan secara resmi, Kamis (21/12/2023). (f: nang)

NATUNA (marwahkepri.com) – Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda secara resmi membuka acara Sekolah Lapangan Cuaca Nelayan yang diselenggarakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan tema “Dengan SLCN Wujudkan Nelayan Hebat, Selamat, dan Sejahtera” di Natuna Hotel, Kamis, (21/12/2023).

Kepala Stasiun BMKG Ranai, Fery Omex Hutagalung, dalam laporannya, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memberikan layanan informasi kepada nelayan tentang bagaimana menjaga keamanan dan kenyamanan dalam melaksanakan profesi nelayan.

“Kegiatan ini diikuti oleh 100 nelayan, melibatkan pihak nelayan, instansi, TNI, dan Polri. Dilaksanakan sehari penuh pada tanggal 21 Desember 2023, kegiatan ini menghadirkan narasumber sesuai dengan materi yang disampaikan,” jelas Fery Omex Hutagalung.

Kepala Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sekolah Lapangan telah dilaksanakan sebanyak 500 kegiatan di seluruh Indonesia. “Namun, ada yang khusus untuk Kabupaten Natuna, karena BMKG akan melaksanakan kegiatan ini secara berkala sehingga keamanan dan keselamatan nelayan dapat terjaga,” ungkap Guswanto.

Lebih lanjut, Guswanto menjelaskan bahwa para nelayan akan dibekali dengan aplikasi fishing ground, yang tidak hanya menampilkan kedalaman laut, tetapi juga daerah potensi ikan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas nelayan dalam melakukan penangkapan ikan.

Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini sangat tepat sasaran mengingat 98% wilayah Natuna adalah lautan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat diikuti sebaik-baiknya oleh nelayan, bagaimana pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan nelayan agar dapat melaksanakan profesi nelayan dengan aman dan nyaman,” jelas Rodhial Huda.

Lebih lanjut, Rodhial Huda menyampaikan bahwa peserta nelayan yang ikut hari ini dapat menjadi kader keselamatan bagi nelayan lain yang tidak dapat mengikuti pelatihan ini.

Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gong serta pemasangan tanda peserta secara simbolis oleh Wakil Bupati Natuna dan Deputi Meteorologi RI. MK-nang

Redaktur : Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f